Sebagaimana telah dibahas dalam postingan sebelumnya (Baca: โHewan yang bisa dijadikan kurbanโ) bahwa 1 ekor sapi atau onta bisa digunakan untuk kurbannya 7 orang. Namun banyak yang belum mengerti bahwasannya hal ini tidak hanya untuk satu tujuan penyembelihan yang sama, akan tetapi untuk tujuan penyembelihan yang berbeda-beda juga bisa, misalkan: 1 ekor sapi yang di sembelih untuk beberapa tujuan:
- Menepati nadzar bersedekah satu kambing
- Kurban sunnah
- Dam haji qiron
- Dam haji tamattuโ
- Akikah
- Dam melakukan larangan ihrom
- Sebagai hadyu (binatang yang dagingnya diberikan kepada penduduk tanah haram)
Hal ini sesuai dengan yang disampaikan Imam Rofiโi RA dalam kitabnya:
ููุฌูุฒู ุฃููู ููุตูุฏู ุจุนุถููู ุงูุชุถุญูุฉูุ ูุจุนุถููู ุงููุฏููู ุฃู ุงููุญู ู ููุฌูุฒู ุฃููู ูุฐุจุญู ุงููุงุญูุฏู ุจุฏูุชููู ุฃู ุจูุฑุชููู ุนู ุณูุจูุน ุดูููุงูู ูุฒู ุชู ุจุฃุณุจุงุจ ู ูุฎูุชูููุฉู: ูุงูููุฑูุงููุ ูุงูุชููู ุชููุนุ ูู ูุจูุงุดุฑุฉ ู ูุญูุธููุฑุงุชู ุงูุฅุญุฑุงู ูุ ููุฐุฑ ุงูุชุตุฏู ุจุดุงุฉุ [ูุงูุชุถุญูุฉ ุจุดูุงุฉ]
Namun yang jadi masalah adalah apakah boleh 1 ekor kambing digunakan untuk tujuan akikah sekaligus kurban. Mengingat berkurban sekaligus akikah banyak ditemui di masyarakat. Dalam menyikapi permasalahan ini terdapat perbedaan pendapat di kalangan Ulama Syafiโiyyah.
Imam Ibnu Hajar RA dan mayoritas ulama-ulama syafiiyah berpendapat bahwa hal ini tidak mencukupi. Bahkan apabila tetap dipaksakan, maka kambing yang telah disembelih tadi tidak sah sebagai kurban maupun sebagai akikah. Beliau Imam Ibn Hajar menyampaikan dalam kitabnya:
ูุธุงูุฑ ููุงู ุงูู ุชู ูุงูุฃุตุญุงุจ ุฃูู ูู ููู ุจุดุงุฉ ุงูุฃุถุญูุฉ ูุงูุนูููุฉ ูู ุชุญุตู ูุงุญุฏุฉ ู ููู ุง ููู ุธุงูุฑุ ูุฃู ููุง ู ููู ุง ุณูุฉ ู ูุตูุฏุฉ ููุฃู ุงููุตุฏ ุจุงูุฃุถุญูุฉ ุงูุถูุงูุฉ ุงูุนุงู ุฉ ูู ู ุงูุนูููุฉ ุงูุถูุงูุฉ ุงูุฎุงุตุฉ ููุฃููู ุง ูุฎุชููุงู ูู ู ุณุงุฆู ูู ุง ูุฃุชู
โApabila ada orang meniatkan seekor kambing untuk kurban dan aqiqah maka masing-masing dari keduanya tidak sah. Dan itu sudah jelas. Karena masing-masing dari keduanya merupakan kesunnatan yang memiliki tujuan berbeda. Kurban memiliki tujuan untuk jamuan yang bersifat umum. Sementara aqiqah merupakan jamuan yang bersifat khusus. Dan keduanya memiliki perbedaan dalam banyak hal.โ (Tuhfatul Muhtaj Hamisy As-Syarwani, IX/369-370)
Imam Ibnu Hajar juga menjelaskan dalam fatwanya:
ุฃูููููู ููุง ุชูุฏูุงุฎููู ููู ุฐููููู ููุฃูููู ูููููุง ู ููู ุงููุฃูุถูุญููููุฉู ููุงููุนููููููุฉู ุณููููุฉู ู ูููุตููุฏูุฉู ููุฐูุงุชูููุง ููููููุง ุณูุจูุจู ููุฎูุงูููู ุณูุจูุจู ุงููุฃูุฎูุฑูู ููุงููู ูููุตููุฏู ู ูููููุง ุบูููุฑู ุงููู ูููุตููุฏู ู ููู ุงููุฃูุฎูุฑูู ุฅุฐู ุงููุฃูุถูุญููููุฉู ููุฏูุงุกู ุนููู ุงููููููุณู ููุงููุนููููููุฉู ููุฏูุงุกู ุนููู ุงููููููุฏู
โSesungguhnya permasalahan itu (kurban dan aqiqah) tidak bisa saling gabung. Karena masing-masing dari kurban dan aqiqah memiliki kesunahan, sebab, dan tujuan tersendiri yang berbeda antara satu sama lain. Karena kurban sebagai tebusan untuk diri sendiri, sementara aqiqah sebagai tebusan dari anak yang dilahirkan.โ (Al-Fatawa al-Fiqhiyyah al-Kubra, IV/256)
Berbeda dengan Imam Ibn Hajar, Imam ar-Ramli justru memperbolehkan dan menganggap sah permasalahan ini. Dalam kitabnya yang berjudul Nihayah al-Muhtaj beliau menuturkan:
ูููููู ููููู ุจูุงูุดููุงุฉู ุงููู ูุฐูุจููุญูุฉู ุงููุฃูุถูุญููููุฉู ููุงููุนููููููุฉู ุญูุตูููุง ุฎูููุงููุง ููู ููู ุฒูุนูู ู ุฎูููุงูููู
ุงูู ููุงูุฉ ุงูู ุญุชุงุฌ ูจ/ูกูคูฅ ู ุดุงู ูุฉ
โApabila seseorang niat pada kambing yang disembelih untuk dijadikan kurban sekaligus aqiqah maka keduanya hasil (sah). Hal jnj berbeda dengan ulama (Ibnu Hajar) yang berpendapat sebaliknya.โ (Nihayah al-Muhtaj, VIII/145)
Perbedaan pendapat ini didasari perbedaan dalam memahami masalah aqiqah dan kurban. Imam Ibn Hajar menganggap keduanya berbeda dalam segi tujuan, dan jenis ibadahnya sehingga tidak saling tadakhul (bisa digabung). Sementara Imam Romli menganggap bahwa kurban dan aqiqah merupakan ibadah yang jenis dan tujuannya sama, yakni menyembelih hewan untuk hidangan. Sebagaimana dalam kaidah fikih:
ุฅุฐูุง ุงุฌูุชูู ูุนู ุฃูู ูุฑูุงูู ู ููู ุฌูููุณู ููุงุญูุฏู ููููู ู ููุฎูุชููููู ู ูููุตููุฏูููู ูุง ุฏูุฎููู ุฃูุญูุฏูููู ูุง
ุงูู ุงูุฃุดุจุงู ูุงููุธุงุฆุฑ ูกูขูฆ
โKetika dua perkara (ibadah) memiliki kesamaan jenis sementara tujuan dari keduanya tidak berbeda, maka salah satunya bisa digabungkan pada yang lain.โ (Al-Asybah wa an-Nadzair, hlm. 126)
ูุงููู ุฃุนูู
Masalah ini sebelumnya sudah dibahas di WA-G Fatchul Wahab Musyawarah Pemuda Nderesmo.