13 Tips Agar Tidur Nyenyak Selama Hamil

Tips Agar Tidur Nyenyak Selama Hamil

Tips Agar Tidur Nyenyak Selama Hamil – Untuk ibu hamil perlu adanya penyesuaian karena perut yang tadinya normal kini menjadi membesar. Salah satu permasalahan untuk wanita hamil adalah tidur yang tidak nyenyak. Beberapa cara agar tidur nyenyak saat hamil antara lain meliputi:

Cara mengatasi susah tidur saat hamil

1. Memakai Bantal Tambahan

Bantal tambahan dapat untuk menopang bagian perut dan punggung saat tidur. Selain itu carilah posisi tidur yang paling nyaman. Memeluk guling dapat membuat posisi tidur menyamping jadi lebih nyaman.

2. Menghindari tidur siang

Bagi ibu hamil terutama pada trisemester pertama, kantuk di siang hari merupakan hal yang wajar. Tips supaya dapat tidur nyenyak untuk hal ini adalah sebaiknya bunda menghindari tidur siang yang berlebihan karena dapat membuat ibu hamil kesulitan tidur di malam hari.

3. Minum Susu Sebelum Tidur, Hindari Makanan Berkadar Gula Tinggi dan Kafein

Mengonsumsi susu hangat sebelum tidur akan membantu tidur lebih nyenyak saat hamil. Makanan kaya karbohidrat seperti roti atau biskuit juga bisa jadi pilihan. Makanan kaya protein akan menjaga kadar gula dalam darah, sehingga membantu mencegah sakit kepala saat tidur. Hindarilah makanan yang mengandung kadar gula tinggi ataupun kafein.

4. Hindari Stres

Tips Agar Tidur Nyenyak Selama Hamil adalah dengan menghindari stres dan depresi karena hal tersebut dapat membuat ibu hamil mengalami insomnia. Caranya menghindarinya misalnya dengan melakukan meditasi, berbicara dengan teman, atau melakukan hal yang disukai.

5. Dengan Teknik Relaksasi

Relaksasi yang dapat dilakukan agar dapat tidur nyenyak pada waktu hamil misalnya peregangan, yoga, serta teknik pernafasan karena dapat menenangkan pikiran dan merilekskan tubuh.

6. Berolahraga

Olahraga yang dimaksud di sini adalah olahraga yang ringan saja. Dengan berolahraga dapat membantu tidur wanita yang sedang hamil menjadi lebih nyenyak selain juga untuk menjaga kesehatan kandungannya.

7. Hindari minum air di malam hari secara berlebihan

Tujuannya adalah supaya kandung kemih tidak penuh di malam hari. Hal ini akan mencegah keinginan ibu hamil untuk buang air kecil di tengah malam dan bisa tidur dengan nyenyak.

8. Mandi Air Hangat

Tujuan dari mandi hangat adalah efek rileks yang ditimbulkannya dan bisa membantu meringankan kram. Dengan merasa rileks maka bagi ibu hamil lebih mudah untuk tidur.

9. Persiapkan kantung air hangat

Untuk mengatasi kram di saat tidur, ibu hamil bisa menggunakan kantung air hangat (tidak terlalu panas) dan menempelkannya di bagian yang terasa kram. Jangan membiarkan kantung air hangat tersebut terus menempel ketika ibu hamil ketiduran.

10. Mencegah Masalah Lambung

Wanita hamil kadang mengalami masalah nyeri ulu hati yang bisa mengganggu tidur. Untuk mencegah masalah ini, jangan berbaring selama 1 sampai 2 jam setelah makan. Hindarilah makanan gorengan serta makanan yang terlalu pedas dan asam. Bunda juga bisa tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dari tubuh untuk mencegah masalah lambung.

11. Jangan merokok

Pastikan Anda tidak merokok selama hamil atau dekat-dekat dengan perokok, karena mereka bisa mempengaruhi kesehatan Anda dan mengganggu tidur nyenyak Anda. Selain itu merokok tidak baik untuk paru-paru dan kesehatan janin Anda.

12. Jadwalkan waktu tidur

Jangan begadang agar Anda bisa tidur cukup dan nyenyak. Begitu juga, jangan tidur terlalu sore karena bisa mengganggu siklus tidur.

13. Hindari junk food, pedas dan asam


Supaya ibu hamil bisa tidur dengan nyenyak, sebaiknya hindari junk food atau makanan cepat saji. Selain itu, hindari juga makanan yang digoreng, terlalu pedas, atau terlalu asam di siang maupun sore hari supaya terhindar dari rasa mulas.

Konsultasikan pada ahlinya, karena semua informasi Cara dan Tips Agar Tidur Nyenyak Selama Hamil di atas hanyalah bersifat informasi saja. Terimakasih banyak atas kunjungannya.

0 Komentar

Penulis: Anjumi Baasyaiban

Kategori

Related Articles

Related