Cara Tutup Akun Fb Permanen atau Sementara dan Daftar FB Baru

Cara Tutup Akun Fb Permanen atau Sementara dan Daftar FB Baru

Cara tutup akun FB sering dicari penggunanya yang sudah merasa jenuh dengan media sosial. Namun sebelumnya kami akan sedikit menjelaskan bahwa akun Facebook adalah data terkait pengguna FB, minimal data akun terdiri dari username dan password.

Account atau akun merupakan data diri pengguna atau identitas virtual seseorang di dunia maya. Akun FB biasanya digunakan untuk memanfaatkan fitur dan layanan Facebook misalnya mengirim pesan yang dapat berupa teks atau file gambar, suara, bahkan video. Lebih jelasnya akun FB digunakan untuk berkomunikasi dengan memanfaatkan layanan Facebook.

Untuk mendaftar akun Facebook yang diperlukan hanya sebuah email aktif dan juga no HP yang masih aktif dan bisa dihubungi guna menerima sms verifikasi. Lalu mengunjungi website https://facebook.com/ pada browser dan mengisi data-data yang diperlukan.

Setelah berhasil daftar akun FB, Anda langsung bisa menggunakan beberapa fitur layanan FB seperti unggah foto dan berkomunikasi langsung dengan para pengguna FB. Jika terlanjur upload foto dan Anda tidak menginginkan foto-foto tersebut dilihat teman-teman FB maka Anda bisa menghapus atau mengatur privasi siapa saja yang bisa melihat foto yang diposting.

Berikut ini cara menghapus foto di FB dan cara privasi Facebook.

Cara Menghapus Foto di FB

Cara Menghapus Foto di FB
Cara Tutup Akun Fb Permanen atau Sementara dan Daftar FB Baru 8

Anda bisa menghapus foto yang telah Anda unggah ke Facebook. Perlu diingat setelah foto dihapus, Anda tidak akan bisa mendapatkannya kembali kecuali jika Anda telah menyimpannya. Untuk cara menghapus Foto di FB:

  1. Buka foto yang ingin Anda hapus.
  2. Klik foto untuk membukanya.
  3. Klik  ikonCara Tutup Akun Fb Permanen atau Sementara dan Daftar FB Baru, lalu pilih Hapus Foto.
  4. Klik Hapus untuk mengonfirmasi.

Cara menghapus foto unggahan di facebook ini bisa dilakukan melalui browser PC, atau aplikasi FB dan FB Lite.

Catatan: Jika Anda ingin foto yang diunggah orang lain dihapus dari Facebook, minta orang yang mempostingnya untuk menghapusnya. Anda juga bisa menghapus tanda dari foto yang tag akun Anda.

Cara Privasi Facebook

cara setting privasi facebook
Cara Tutup Akun Fb Permanen atau Sementara dan Daftar FB Baru 9

Pengguna Facebook sering kali kesulitan membatasi akun mereka agar tidak terlihat oleh sembarang orang. Karena tidak semua posting-an di Facebook mereka ingin terlihat Terutama para Muslimah yang risih dengan keberadaan stalker bukan mahrom yang sering kepo.

Untuk itu ada cara setting privasi Facebook yang mudah dilakukan agar membuat akun Facebook Anda lebih privat dan hanya orang-orang tertentu yang bisa melihat akun Anda.

  • Buka halaman ‘settings’ Facebook kamu.
  • Klik bagian ‘Privacy’ di sidebar sebelah kiri.
  • Lihat ke bagian ‘Your activity, periksa segmen ‘Who can see your future posts?.’
  • Klik ‘Edit,’ kemudian ada pilihan ‘Public,’ ‘Friends,’ ‘Friends except…,’ ‘Specific friends,’ dan ‘Only me.’

Cara Blokir Akun FB

Memblokir seseorang di Facebook adalah cara untuk melindungi diri dan privasi Anda dari individu toxic, pelecehan, atau orang yang tidak ingin Anda ajak berkomunikasi. Anda bisa memblokir Facebook lewat browser desktop atau aplikasi seluler, baik iPhone atau Android.

Cara blokir akun FB sangat mudah dan cepat untuk dilakukan para pengguna. Karena, demi kenyamanan penggunanya, Facebook (FB) telah memudahkan pengguna untuk memblokir akun seseorang yang dianggap mengganggu.

Cara memblokir akun Facebook seseorang bisa dilakukan langsung dengan cara mengunjungi profil target yang akan diblokir. Klik simbol titik tiga di kanan atas profil. Klik Blokir. Klik Konfirmasi. Akan muncul notifikasi blokir akun Facebook berhasil.

Cara Menonaktifkan FB Sementara

Bila Anda merasa gerah dari media sosial, termasuk Facebook, Anda bisa memilih cara untuk menutup akun FB Anda secara sementara. Namun, jika Anda sudah merasa ingin pensiun menggunakan Facebook atau merasa tak lagi ingin mempunyai akun tersebut, sebaiknya pilih hapus akun FB secara permanen. Berikut ini bagaimana cara tutup akun FB untuk sementara waktu:

  • Masuk ke akun facebook yang ingin Anda nonaktifkan.
  • Masuk ke pengaturan.
  • Klik General atau Umum di kiri atas.
  • Pilih “Nonaktifkan Akun Anda”.
  • Setelah itu, Anda diminta memasukkan kata sandi atau password.
  • Klik Lanjutkan di kanan bawah.
  • Selesai. Jika suatu saat ingin mengaktifkan akun kembali, masuk saja ke Facebook dan masukkan kata sandi.
  • Facebook bisa aktif kembali.

Cara tutup akun FB untuk sementara ini bisa diterapkan melalui browser HP, aplikasi FB untuk ponsel maupun FB Lite.

Hapus Akun FB Selamanya

Hapus Akun FB Selamanya
Cara Tutup Akun Fb Permanen atau Sementara dan Daftar FB Baru 10

Namun, jika Anda sudah memutuskan untuk benar-benar pensiun dari media sosial, Anda bisa menerapkan cara tutup akun FB permanen berikut. Tapi perlu diingat, Anda tidak akan bisa mengaktifkan kembali. Profil, foto, postingan, video, dan semua yang pernah Anda posting akan dihapus secara permanen.

Begitu juga seluruh  data yang pernah Anda unggah, tidak akan bisa dipulihkan. Lain halnya dengan saat menonaktifkan Facebook, menutup akun FB secara permanen juga membuat Anda tidak akan bisa lagi menggunakan Facebook Messenger.

Anda pun tidak bisa lagi menggunakan fitur Facebook Login untuk aplikasi lain, seperti Spotify, atau Pinterest, dan aplikasi lain yang pendaftarannya menggunakan akun Facebook. 

Jika Anda sudah yakin untuk menghapus akun Facebook, begini cara menonaktifkan facebook secara permanen:

  • Klik ikon menu atau opsi di kanan atas Facebook.
  • Gulir turun dan klik Pengaturan.
  • Navigasikan pada bagian Informasi Pribadi dan Akun, lalu klik Kepemilikan dan Kontrol Akun.
  • Klik Penonaktifan dan Penghapusan, dan pilih Hapus Akun.
  • Klik Lanjutkan ke Penghapusan Akun dan pilih Hapus Akun.

Perlu diketahui, tindakan hapus akun FB ini masih bisa dibatalkan dalam kurun waktu kurang dari 30 hari. Setelah 30 hari, akun FB Anda dan semua informasi di dalamnya akan dihapus secara permanen dan Anda tidak akan bisa mengakses informasi tersebut.

Untuk membatalkan penghapusan akun:

  • Login ke akun Facebook dalam kurun 30 hari pasca penghapusan akun Anda.
  • Klik Batalkan Penghapusan.

Namun jika Anda tidak ingin membatalkan hapus akun FB, dan lebih memilih daftar FB baru maka Anda bisa menerapkan cara daftar FB baru berikut ini.

Daftar FB Baru

Untuk mendaftar FB baru, Anda memerlukan alamat email atau nomor HP yang masih aktif. Silahkan pilih mana yang Anda inginkan. Jika Anda sudah menentukan pilihan maka Anda bisa segera mengikuti cara daftar FB (Facebook) Baru lewat HP

  • Buka aplikasi FB atau link pendaftaran FB berikut: https://m.facebook.com/r.php. Jika sebelumnya ada akun yang login, klik tombol tiga garis di pojok kanan atas, pilih “Keluar”, kemudian klik tombol “Buat Akun Baru”.
  • Ketikkan nama Anda.
cara Daftar FB Baru
Cara Tutup Akun Fb Permanen atau Sementara dan Daftar FB Baru 11
  • Ubah tanggal lahir.
Cara Tutup Akun Fb Permanen atau Sementara dan Daftar FB Baru
Cara Tutup Akun Fb Permanen atau Sementara dan Daftar FB Baru 12
  • Masukkan nomor ponsel atau alamat Email aktif Anda. Jika ingin memakai email, klik tulisan “Daftar dengan Email”. Pastikan nomor hp atau alamat email yang Anda gunakan masih aktif. Karena untuk mengirim pesan email/sms yang berisi kode konfirmasi.
  • Pilih gender.
Cara Tutup Akun Fb Permanen atau Sementara dan Daftar FB Baru
Cara Tutup Akun Fb Permanen atau Sementara dan Daftar FB Baru 13
  • Buat kata sandi Akun FB. Sandi berfungsi untuk keamanan akun Facebook Anda. Minimal harus 6 karakter. Pastikan Anda mencatat kata sandi agar tidak lupa nantinya. Jika sudah, klik “Daftar”.
  • Jika menjumpai halaman yang menawarkan “Masuk dengan Satu Ketukan”, pilih saja “OK”.
  • Facebook akan mengirimkan kode verifikasi melalui email atau nomor hp yang tadi Anda daftarkan, silahkan Anda tunggu.
  • Masukkan kode verifikasi yang didapat dari SMS Facebook ke kolom FB.

Itulah sedikit tutorial cara tutup akun FB dan daftar FB baru hingga bisa login menggunakan browser, aplikasi FB atau Facebook Lite. Semoga bisa bermanfaat karena dengan memiliki akun FB, Anda bisa mengikuti group kajian tentang sholat, bahkan tips menarik tentang cara melancarkan rezeki.

Tinggalkan Komentar
Posting Terbaru

Related Articles

Related