5 Keutamaan Istighfar dan Manfaatnya

5 Keutamaan Istighfar dan Manfaatnya

Istighfar adalah permohonan ampun seorang hamba pada Rabbnya atas kemaksiatan yang telah dilakukan.

Pada dasarnya, istighfar merupakan ungkapan atas pengakuan hamba yang telah bertobat. Namun, istighfar yang tidak disertai tobat dan penyesalan atas dosa yang dilakukan tidaklah berarti.

Istighfar juga memiliki beberapa keutamaan, dan manfaat. Dari beberapa manfaat istighfar adalah penyebab lancarnya rezeki.

Macam-macam bacaan istighfar

5 Keutamaan Istighfar dan Manfaatnya
Bacaan istighar singkat
5 Keutamaan Istighfar dan Manfaatnya
Bacaan istighfar panjang
5 Keutamaan Istighfar dan Manfaatnya
Bacaan sayyidul istighfar

Manfaat istighfar

  1. Penyebab turunnya hujan

Berdasarkan ayat yang terdapat dalam QS Nuh 10 – 12, seringkali para ulama salaf menjadikan istighfar sebagai cara ampuh mengatasi paceklik dan kemarau panjang sebagaimana yang terjadi di zaman kekhalifahan Umar RA.

وخرج عمر بن الخطاب رضي الله عنه يستسقي بالناس، فلم يزد على الاستغفار حتى رجع فقيل له: «ما سمعناك استقيت». فقال: طلبتُ الغيث بمجاديح السماء التي يُتنزل بها القطر. ثم قرأ: اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا * يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا

تفسير ابن كثير

“Pernah Sayidina Umar RA keluar bersama kaumnya untuk melaksanakan istisqo, tidak seperti kebanyakan istisqo, beliau hanya membaca istighfar, tidak lebih dari itu. Kemudian beliau pulang.

Melihat keadaan ini, ada sebagian orang yang berkata pada Umar RA: Kami sama sekali tidak mendengarmu membaca doa-doa istisqo.

Menanggappi itu, Umar berkata: Aku mencari hujan dengan lantaran istighfar yang laksana bintang keberuntungan penyebab turunnya hujan. Kemudian beliau membaca ayat

اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا * يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا

نوح

“Mohonlah ampunan pada Tuhan kalian, -sesungguhnya Ia Maha Pengampun- , – niscaya Dia akan menurunkan hujan lebat untuk kalian”

  1. Penyebab dosa diampuni

Sesuai arti istighfar yaitu meminta ampunan Alloh, dengan beristighfar disertai penyesalan yang mendalam serta bertobat seorang mukmin akan mendapat ampunan-Nya. Alloh SWT berfirman:

istighfar penyebab dosa diampuni

Selain itu juga dijelaskan dalam Shahih Bukhori dan Muslim bahwa Rosulullloh SAW bersabda:

إذا أذنب عبد ذنبًا، فقال: أي رب، أذنبت ذنبًا فاغفر لي. فقال: علم عبدي أن له ربًا يغفر الذنب ويأخذ به فقد غفرت له ..

“Ketika seorang hamba melakukan dosa, kemudian ia berkata: Ya Rabb, hamba telah berdosa, ampunilah hamba, niscaya Allah SWT berfirman: Hambaku meyakini bahwa ia memiliki Tuhan yang mengampuni dosa hamba-Nya dan menyiksa hamba-Nya yang berdosa, sungguh aku telah mengampuninya.”

  1. Memudahkan kesulitan

Dengan sering beristighfar, perkara sulit yang menjadi beban pikiran akan menjadi mudah. Dalam hal ini Nabi SAW bersabda:

من لزم الاستغفار، جعل الله من كل هم فرجًا

أخرجه أبو داود وابن ماجه

“Barang siapa sering atau melanggengkan istighfar maka Alloh SWT akan memudahkan segala urusannya.”

  1. Mencegah datangnya adzab

Sesungguhnya saat mayoritas penduduk melakukan dosa secara terang-terangan, sementara tidak ada yang berdakwah amar ma’ruf nahi munkar maka Alloh akan menurunkan adzab secara merata. Demikian itu merupakan kafarot atau peleburan dosa bagi orang-orang mu’min yang sholeh.

Namun saat di suatu kaum masih ada yang mau istighfar memohon ampunan Alloh maka mereka tidak diadzab oleh Alloh. Hal ini sesuai firman Alloh SWT dalam Al Anfal 33:

istighfar mencegah datangnya adzab
  1. Agar cepat hamil dan mendapat keturunan

Seperti postingan sebelumnya “Istighfar agar cepat hamil” dengan beristighfar Alloh akan menganugerahi rezeki melimpah, negeri yang makmur serta keturunan yang banyak.

Allah SWT berfirman:

Istighfar agar cepat hamil dan mendapat keturunan

Refrensi:

تفسير الجلالين, صحيح البخاري, تفسير ابن كثير

0 Komentar

Penulis: mantra-berdarah

Kategori

Related Articles

Related