5 Tips Agar Mendapatkan Pekerjaan Halal yang Menghasilkan Banyak Uang

5 Tips Agar Mendapatkan Pekerjaan Halal yang Menghasilkan Banyak Uang

Kebanyakan orang pasti menginginkan agar mendapatkan pekerjaan halal yang menghasilkan banyak uang.

Karena selain untuk menutupi kebutuhan hidupnya bekerja untuk mencari rezeki halal dari Allah guna mencukupi kebutuhan hidup seseorang dan keluarganya adalah ibadah

Karena itu, Imam Abul Laits As Samarqandi dalam kitab Tanbighul Ghofilin menjelaskan tentang cara agar seorang muslim mendapatkan pekerjaan halal dan terpuji.

Berikut ini 5 cara dalam kitab Tanbihul Ghofilin, untuk mendapatkan pekerjaan yang baik agar rezeki yang kita dapatkan adalah rezeki yang halal dan berkah sehingga di akhirat kelak kita tidak diminta pertanggungjawaban atas keharaman perkara yang kita dapat dan berakibat mendapatkan murka Allah yang berujung siksa neraka.

قال الفقيه رحمه الله: من أراد أن يكون كسبه طيبا، فعليه أن يحفظ خمسة أشياء

Al Faqih rahimahulloh berkata: Barangsiapa menginginkan agar ia mendapatkan pekerjaan yang baik dan halal maka hendaknya ia menjaga 5 perkara berikut, apa saja?

#1 Agar Mendapatkan Pekerjaan Halal

أولها: أن لا يؤخر شيئا من فرائض الله تعالى لأجل الكسب، ولا يدخل النقص فيها.

Tips pertama agar dimudahkan mendapatkan pekerjaan yang terpuji dalam Islam adalah, jangan pernah mengakhirkan perintah yang diwajibkan Allah karena terlalu sibuk dengan pekerjaan yang dilakukan.

Dalam hal ini, apapun yang diwajibkan Allah seperti sholat, jangan pernah menundanya hanya karena memprioritaskan pekerjaan. Baca juga “hukum menunda sholat”

#2 Agar Mendapatkan Pekerjaan Halal

والثاني: أن لا يؤذي أحدا من خلق الله تعالى لأكل الكسب.

Kedua, dalam persaingan kerja atau bisnis yang kita jalani jangan pernah menyakiti orang lain untuk melancarkan pekerjaan kita.

Keberadaan kompetitor dalam bisnis yang kita jalani adalah hal yang wajar dan tidak bisa dihindari. Karena itu dalam persaingan bisnis, lakukanlah persaingan yang sehat. Jangan pernah menyakiti satu pun lawan bisnis Anda dengan cara-cara yang menyakiti mereka. Hal ini menjadikan pekerjaan halal tidak terpuji, bahkan bisa menjadi uang atau gaji yang Anda hasilkan tidak berkah.

#3 Agar Mendapatkan Pekerjaan Halal

والثالث: أن يقصد بكسبه استعفافا لنفسه، وعياله، ولا يقصد به الجمع والكثرة.

Ketiga, Anda harus membangun mindset, bahwa pekerjaan yang kita jalani adalah upaya menjaga diri dan keluarga kita dari meminta-minta pada orang lain tidak bertujuan mengumpulkan atau memperbanyak harta demi menuruti gaya hidup hedon.

#4 Agar Mendapatkan Pekerjaan Halal

Akibat negatif memforsir diri dalam bekerja
5 Tips Agar Mendapatkan Pekerjaan Halal yang Menghasilkan Banyak Uang 2

والرابع: أن لا يجهد نفسه في الكسب جدا

Keempat, tidak terlalu memaksakan diri dalam bekerja.

Setiap orang pasti memiliki targetnya masing-masing dalam bekerja. Baik itu jabatan atau posisi tertentu, bonus atau kenaikan gaji, serta target-target lainnya. Banyaknya target yang ingin dicapai seringkali menjadikan seseorang lupa diri sehingga akan memaksa untuk terus bekerja meskipun kondisi fisik dan mental sudah kelelahan. Hal ini justru mengakibatkan Anda mengalami kelelahan, emosi tidak stabil, performa kerja menurun bahkan tanggung jawab kerja tidak dapat diselesaikan dengan baik.

#5 Agar Mendapatkan Pekerjaan Halal

والخامس: أن لا يرى رزقه من الكسب، ويرى الرزق من الله تعالى والكسب سببا.

Tips agar mendapatkan pekerjaan Halal yang kelima, meyakini bahwa rezeki yang kita dapatkan murni dari anugerah Allah, bukan karena hasil pekerjaan halal yang menghasilkan banyak uang atau bisnis yang kita jalani. Karena sesungguhnya bisnis yang kita lakukan hanyalah sebuah sebab dan wasilah mendapatkan rezeki.

Demikian 5 Tips Agar Mendapatkan Pekerjaan Halal yang Menghasilkan Banyak Uang seperti yang disampaikan dalam kitab Tanbîh al Ghâfilîn halaman 458. Semoga bermanfaat dan segera mendapat pekerjaan halal dalam Islam, pekerjaan yang disukai Allah serta terhindar dari pekerjaan yang haram menurut Islam. Anda juga bisa membaca tentang cara melancarkan rezeki yang seret.

Tinggalkan Komentar
Posting Terbaru

Related Articles

Related