9 Tips Cara Menjadi Cantik Alami Ala Santri Pesantren

cara menjadi cantik dimata Allah

Ada banyak cara menjadi cantik yang bisa kamu lakukan supaya terlihat cantik dan menarik. Salah satunya dengan rutin perawatan dan memakai make up. Tapi tips cantik secara alami dengan unsur Islami ala muslimah pesantren juga harus diterapkan, tidak sekedar rutin perawatan dan memakai make up kemudian bertanya “ok google apakah aku cantik?”.

So, scrol terus ya.

Tampil Cantik dan Menarik Sesuai Syariah

Tampil cantik dan rutin melakukan perawatan tubuh termasuk bagian dari mensyukuri nikmat Allah. Islam juga mengajarkan kita tentang pentingnya menjaga kebersihan dan keindahan.

Wanita identik dengan kecantikan alami yang dibawa sejak lahir. Namun tidak sedikit wanita yang mencoba berbagai cara menjadi cantik dan menarik menggunakan make up bahkan operasi plastik.

Memiliki wajah yang cantik sejatinya bisa membuat wanita tampil lebih anggun dan meningkatkan rasa percaya diri. Akan tetapi hal tersebut hanyalah semu, jika anugerah kecantikan yang kamu miliki tidak diterapkan dengan cara syariah.

Sebaliknya, dengan menjadi wanita yang cantik dimata Allah sudah tentu membuat kamu cantik alami dari dalam dan luar.

Kecantikan ini bisa dilihat dari cara berperilaku, bersikap, berpakaian, hingga dilihat dari bagaimana kamu mampu berinteraksi secara ihsan dengan orang lain.

Tampil Cantik Tidak Dosa

cara Menjadi Cantik
Cara Menjadi Cantik Alami

Kamu dapat membuat diri menjadi cantik yang diperbolehkan dalam islam melalui berbagai cara seperti dengan menjaga akhlak wanita muslimah dalam islam, memperbagus ucapan dan menghiasi lisan dengan kata-kata yang baik.

Tidak hanya itu, kamu bisa menghiasi diri kamu dengan hal-hal yang disukai Allah seperti bertasbih, bertahmid, bertakbir, bertahlil, membaca Al Quran, hingga memerintahkan kepada kebaikan dan mencegah keburukan.

Kamu juga mesti menghindari alat kosmetik yang tidak halal seperti yang terbuat dari bahan yang najis, sehingga tidak sah digunakan untuk shalat.

Juga menghindari make up yang dapat menghalangi air wudhu, serta tidak melakukan operasi plastik yang tidak sesuai dengan syariat islam.

Cantiknya seorang Muslimah tidak hanya dengan cara berpenampilan menarik dengan jilbab saja, tetapi dengan menerapkan adab-adab berbicara wanita Muslimah serta cara bersikap wanita Muslimah kepada lelaki yang bukan mahram, juga perlu dijaga.

Inilah Cara Menjadi Cantik Alami Ala Santri Pesantren

Rajin Berwudhu

cara Menjadi Cantik

Resep agar jadi cantik islami yang paling mudah untuk kamu lakukan ialah dengan cara wudhu. Aktivitas yang wajib dilakukan sebelum shalat ini berguna sebagai penghilang hadats serta dapat melunturkan dosa.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Prof Leopold Werner dari Austria, wudhu diyakini dapat menyehatkan kulit di mana pusat saraf pada dahi, tangan, dan kaki sangat sensitif terhadap air segar sehingga dapat membuat kulit wajah bersinar alami.

Dengan berwudhu, secara tidak langsung kamu menerapkan cara glow up dalam Islam. Sehingga semakin hari bisa memiliki tampilan yang lebih menarik, bersih, terawat. Kemudian yang terpenting ialah semakin cantik lahir dan batin.

Tapi jika kamu sedang berhalangan haid, jangan wudhu ya. Hal ini menurut beberapa ulama syafiiyah diharamkan, lho.

Menundukkan Pandangan Dihadapan Cowok Bukan Mahram

Wajah yang dihiasi dengan senyum memang tampak selalu lebih sejuk dan tidak terlihat menakutkan. Tersenyum juga dapat membuat seseorang lebih awet muda dan membantu menghindari penuaan dini.

Senyum memiliki banyak nilai positif yang bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah. Selain itu, senyum juga termasuk sedekah, lho.

Namun, itu hanya berlaku untuk sesama teman cewek atau suami dan lelaki mahram kamu. Saat dihadapan cowok yang bukan mahram, tersenyum justru akan menjadikan sebuah fitnah.

Karena itu, cara menjadi cantik di mata cowok yang bukan mahram yaitu dengan selalu gadhul bashar. Jika kamu berhasil menerapkan akhlak wanita muslimah dalam Islam ini, kamu akan menjadi ​​wanita yang cantik dimata Allah.

Rajin Nderes Quran

Al-Quran merupakan kitab suci umat Islam yang harus diimani kebenarannya. Ini karena relevansi isinya tidak akan berubah sejak pertama kali turun hingga akhir zaman.

Bila seorang Muslim sering membaca Al-Quran maka akan tampak cahaya di wajahnya berkah mu’jizat Al-Quran. Tidak hanya mendapatkan pahala, bila membaca disertai memikirkan kandungan isinya, maka dapat membuat kamu memiliki wajah dengan memancarkan nur ketenangan dan kedamaian sehingga membuat kamu menjadi cantik alami dan menawan.

Memakai Hijab Syar’i

Dalam surat An-Nur ayat 31, Allah memerintahkan para wanita Muslimah untuk menutup aurat dan menundukkan pandangan (ghadhul bashar). Menurut kebanyakan ulama, ayat tersebut juga menunjukkan bahwa aurat wanita menurut Allah SWT adalah seluruh tubuhnya kecuali wajah dan telapak tangan.

Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan memakai jilbab seperti rambut tidak akan terpapar panas matahari yang mengandung sinar ultraviolet secara langsung yang berpotensi menyebabkan risiko kanker kulit. Selain itu juga menghindarkan kulit kepala dari kering dan pecah-pecah.

Penampilan wanita berhijab tidak hanya bermanfaat dalam kesehatan, dengan menggunakan pakaian panjang dan jilbab syari kamu akan tampil lebih cantik dan terlihat anggun serta terhormat.

Jauhi Maksiat

Kecantikan wanita tidak hanya terlihat melalui fisiknya saja, tetapi juga akhlaknya. Berperilaku ihsan terhadap makhluk dengan menjaga ​​adab wanita Muslimah dalam bertutur kata lembut, sopan, dan santun, kerap memelihara anggota tubuh dari perbuatan tidak baik, serta berperilaku terpuji merupakan salah satu cara yang dapat membuat kecantikan dirinya terpancar secara alami.

Ini juga menjadi ciri ciri wanita sholehah sebelum menikah, jadi jika kamu menerapkan dalam keseharian, dijamin tidak akan lama menjomblo karena di mata cowok kamu merupakan wanita dengan kriteria istri sholehah. Selain itu, menghindarkan diri dari maksiat tentu akan mendapatkan tempat tersendiri di hadapan Allah ﷻ.

Rutin Puasa Sunah

Banyak cara yang bisa dilakukan wanita untuk membentuk tubuh idealnya sesuai dengan yang diinginkan, salah satunya melalui puasa sunah yang dilengkapi dengan makanan yang mengandung gizi dan nutrisi yang bagus.

Selain mendapatkan pahala, dengan rutin puasa sunah akan memperbagus penampilan di mana tubuh akan terlihat lebih ramping. Jadi selain melakukan diet sehat kamu juga mendapatkan bonus pahala.

Melakukan Perawatan Tanpa Mengubah Bentuk Tubuh

Menjaga kecantikan diri seringkali dilakukan oleh wanita dengan tujuan supaya suami semakin cinta dan keharmonisan rumah tangga terjaga. Perawatan yang baik ialah perawatan yang tidak menyalahi aturan syariat Islam seperti tato alis, menyambung rambut, dan lain sebagainya.

Sebaliknya, kamu bisa memperindah diri dengan mencoba cara merubah diri menjadi cantik menggunakan bahan alami yang dilakukan tanpa mengubah bentuk tubuh, seperti memanfaatkan madu, minyak zaitun, dan aneka macam buah serta sayuran.

Berpakaian Rapi Namun Tak Berlebihan

Umat Islam, baik wanita maupun laki-laki dianjurkan untuk menggunakan pakaian yang sopan dan rapi. Namun janganlah berlebihan karena berpotensi menimbulkan sifat sombong. Kamu tetap bisa tampil cantik dan menarik tanpa harus berlebihan dalam berpakaian.

Masih ingat hadits “jilbab punuk onta?”, pakaian model ini dilarang karena dianggap berlebihan dalam berpakaian dan bisa menimbulkan kesombongan.

Jauhi Sombong dan Iri Hati

Menghindari diri dari sifat tidak terpuji seperti sombong dan iri hati merupakan salah satu cara untuk tampil cantik baik secara fisik dan juga hati.

Iri dan sombong merupakan perbuatan yang sangat dimurkai Allah ﷻ. Hal ini dapat membuat kamu terlihat lebih cepat tua karena sering cemberut dan jarang tersenyum.

Menyimpan sifat ini di hati dapat membuat kamu kehilangan cahaya alami dari dalam diri serta akan tampak kusut dan kusam. Sebaliknya bila kamu menjauhi sifat-sifat ini maka wajah kamu akan tampak lebih putih berseri karena selalu diisi dengan pikiran-pikiran positif.

Mendapatkan kecantikan secara Islami ternyata mudah bukan? Kamu pasti bisa melakukannya. Hal remeh seperti tersenyum serta menghindari hal buruk dengan berperilaku Ihsan kepada sesama termasuk di dalamnya. Lakukan semua tip kecantikan ini secara tulus agar kecantikan tersebut terpancar secara alami.

Tinggalkan Komentar
Posting Terbaru

Related Articles

Related