Tips Jalani Kesibukan Tanpa Asisten Rumah Tangga

Kerja asisten rumah tangga

Cara jalani kesibukan tanpa asisten rumah tangga - Pernahkah Anda merasa hidup ini begitu “menuntut” dengan status sebagai wanita, istri, ibu, dan sebagainya? Yakinlah bahwa hampir semua wanita mengalaminya. Akan tetapi sebagian dari mereka bisa menjalaninya dengan cerdas dan bebas stres.

Terntu saja, membayar seorang “ART" asisten rumah tangga mungkin bisa mengurangi sedikit beban hidup. Hanya saja, penambahan jumlah orang yang tinggal bersama kita tentunya juga menambah daftar hal-hal yang harus dipikirkan, belum lagi konflik interpersonal yang kerap melanda hubungan majikan-asisten rumah tangga.

Apabila Anda merasa masih belum bisa berbagi urusan rumah tangga Anda dengan seorang asisten, tips-tips berikut ini layak dipraktekkan.

Sibuk tanpa asisten rumah tangga

  1. Biarkan orang lain mengantar anak Anda ke sekolah


Siapa? Tentu saja orang tua teman sekolah anak Anda! Kenali mereka, jalin hubungan baik dengan mereka, lalu buatlah semacam arisan antar-jemput bersama mereka. Setiap orang mendapatkan giliran mengantar dan menjemput anak-anak selama seminggu setiap bulannya, atau tergantung berapa jumlah peserta arisan. Dengan demikian setiap orang memiliki waktu bebas-antar-jemput selama beberapa hari/minggu setiap bulannya.

  1. Beri Tugas/Tanggung Jawab Tertentu pada Anak


Jika anak Anda sudah cukup besar, latih mereka untuk mencuci pakaian mereka sendiri, termasuk menjemur, menyeterika, melipat dan menyimpannya di lemari pakaian. Ini tidak saja akan melatih mereka mandiri dan bertanggung jawab, tetapi juga akan memberikan rasa bangga karena dapat membantu Anda.

  1. Biasakan Anak untuk Mengerjakan Pekerjaan Rumah Segera Sepulang Sekolah


Jangan izinkan mereka menonton TV atau main game sebelum pekerjaan rumah selesai dikerjakan. Tempatkan rak di area dekat dapur untuk meletakkan tas sekolah mereka sehingga Anda dapat memeriksa, kalau-kalau ada memo dari guru mereka yang cenderung lupa mereka tunjukkan kepada orang tua.

  1. Masak Sekali untuk Seminggu

Pada saat libur, masak 5 jenis masakan sekaligus, lalu bekukan di freezer untuk persediaan makan malam selama seminggu berikutnya. Pada pagi hari, keluarkan satu jenis dan letakkan di kulkas untuk melunakkan. Sore harinya, panaskan makanan tersebut dengan oven dan makan malam pun siap disajikan. Ini sangat menghemat waktu, terutama jika Anda punya anak yang harus diantar-jemput ke tempat les atau kegiatan lain.

  1. Bangun 30 Menit Lebih Awal


Pagi hari selalu merupakan saat paling menegangkan dimana semua orang sibuk bersiap-siap untuk pergi ke kantor atau sekolah. Bangunlah 30 menit lebih pagi dari semua orang, lalu bersihkan diri Anda dan siapkan sarapan. Setelah itu bangunkan anak-anak. Pastikan untuk menyiapkan seragam dan tas sekolah mereka pada malam sebelumnya, sehingga mereka hanya perlu mandi, berpakaian, menyisir rambut, sarapan, lalu pergi ke sekolah. Anda kini punya waktu 30 menit untuk rileks di pagi hari dan awal yang baik untuk mencegah stres sepanjang hari.

  1. Miliki bala bantuan


Saat Anda jatuh sakit atau anggota arisan antar-jemput ada yang sakit, maka diperlukan rencana cadangan atau bala bantuan untuk mengambil alih tugas tersebut. Miliki nomor telepon orang-orang yang bisa Anda mintai bantuan saat terjadi hal-hal yang tidak terduga agar semua tetap dapat berjalan baik.

Tentu saja tidak akan selalu mudah untuk melakukan langkah-langkah di atas. Anda  perlu sedikit mengubah rutinitas, belajar meminta bantuan, dan mencari celah untuk rileks. Rahasianya adalah miliki kebiasaan baik dan jangan mangkir dari rutinitas. Hidup bisa jadi lebih mudah jika Anda mencari tahu dan memperbaiki apa-apa saja yang tidak berjalan dengan baik.

0 Komentar

Penulis: Anjumi Baasyaiban

Kategori

Related Articles

Related