Berikut Jenis-Jenis Parenting Yang Perlu Anda Ketahui

Berikut Jenis-Jenis Parenting Yang Perlu Anda Ketahui

Berikut Jenis-Jenis Parenting Yang Perlu Anda Ketahui

Mengenal dunia parenting adalah hal yang cukup menyenangkan, ketika kita mengenal dunia parenting maka kita akan mengenal yang namanya norma yang mendekati kebaikan. Mungkin untuk orang awam akan lebih mengenal dengan suatu norma yang akan di tanamkan pada seseorang sejak dini, sehingga untuk kedepanya bisa berjalan dengan baik . Nah untuk Anda semua yang ingin mengenal lebih dekat lagi apa itu parenting maka di sini kami akan mencoba menjabarkan apa itu parenting dan jenis – jenisnya.

Menurut defisini dari APA (American Psychological Association ) telah menyebutkan bahwa parenting ini adaah suatu pola yang akan di ajarkan kepada anak sejak dini dengan tidak adanya batasan hubungan biologis. Dan parenting ini memiliki tiga tujuan utama yaitu :

  1. Untuk memastikan keadaan anak dalam keadaan sehat
  2. Mempersiapkan anak untuk tumbuh menjadi produktif
  3. Menurunkan nilai – nilai kebudayaan pada anak sejak dini

Nah jika melihat dari definisi di atas bisa kita lihat sendiri bahwa parenting ini akan sangat berguna sekali untuk anak kedepanya, karena mereka akan di didik sejak dini dengan aturan yang baik dan ini akan berpengaruh untuk masa depanya.

Jenis-Jenis Parenting Yang Perlu Anda Ketahui

Di bawah ini ada beberapa jenis parenting yang bisa Anda ketahui dan Anda pelajari, di mana parenting ini sendiri memiliki beberapa jenis dan memiliki kriteria masing – masing.

  1. Authoritative parenting

Authoritative parenting ini adalah didikan yang akan di berikan kepada anak dengan membiarkan mereka memilih dan memutuskan apa yang mereka kehendaki, karena ketika mereka bisa memutuskan untuk memilih apa yang mereka kehendaki maka kedepanya akan tahu mana yang akan mereka pilih untuk masa depanya. Hal ini tentunya akan melatih sikap pada diri anak itu sendiri, Authoritative parenting ini memiliki sifat kebalikan pada authoritarian parenting yang di mana jenis ini akan lebih memaksakan kepada anak untuk mengikuti aturan orang tuanya.

  1. authoritarian parenting

authoritarian parenting ini memiliki pendidikan yang memaksakan kepada anak sesuai aturan yang sudah di tanamkan kepada orang tua mereka, sehingga pertumbuhan anak akan memiliki karakter yang mengikuti alur bagaimana orang tua mereka menjalani kehidupan mereka senbelum –sebellumnya. Mungkin teknik ini akan lebih aman untuk anak ketika di banding dengan Authoritative parenting, yang di mana si pedidik akan lebih membiarkan kepada si anak untuk menentukan pilihan mereka masing – masing.

Jenis-Jenis Parenting Yang Perlu Anda Ketahui

Dari kedua jenis parenting di atas masih ada dua jenis parenting lagi yaitu Indulgent parenting dan juga Neglectful parenting, di mana keduanya juga memiliki teknik yang berbeda. Hal ini mungkin akan lebih condong seperti apa pihak si pemimbing yang akan mendidik anak tersebut. Namun, pada intinya di sini adalah ketika kita di didik dengan baik sejak dini maka kedepanya akan lebih mudah untuk bisa menjalani hidup dengan lebih baik dan ini adalah visi dan misi yang baik untuk anak untuk masa depan mereka.

0 Komentar

Penulis: Anjumi Baasyaiban

Kategori

Related Articles

Related