Cara Mencegah Maag

Cara mencegah maag kambuh: Pixabay

Cara Mencegah Maag – Maag ialah penyakit pada perut berupa rasa tidak nyaman pada lambung bagian atas yang datang dan pergi serta bisa dirasakan siapapun. Umumnya terjadi pada orang dewasa dan 10% diantaranya mendapatkan perawatan media yang serius. Meskipun bukan termasuk penyakit parah, Maag bisa saja membuat Anda menjadi terganggu karena tidak mampu melakukan aktivitas sehari-hari. Sebab itu pahami bagaimana cara mencegah Maag terutama untuk Anda yang pernah terserang.

Baca juga: Ciri-ciri maag

1.Hindari Rokok

Anda perokok? Sebaiknya kurangi secara bertahap dan hentikan. Nikotin yang ada pada rokok membuat otot pencernaan terganggu, fungsi yang seharusnya bertugas menjaga isi lambung agar tidak naik ke atas jadi melemah. Membuat adanya peningkatan asam lambung dan melemahkan dinding lambung.

Perokok juga cenderung sering batuk sehingga membuat otot perut perut tertekan setiap kali batuk itu terjadi. Efeknya dinding lambung jadi melemah dan memperbesar resiko sakit Maag.

Hal ini juga berlaku untuk kopi dan alkohol. Meskipun tidak semua kandungan dalam kopi bisa merangsang Maag, tetap saja tidak bagus jika mengkonsumsinya berlebihan. Cukup 2 sampai 4 gelas kopi seminggu jika Anda memang hobi meminumnya tak perlu berlebihan. Begitu pula dengan alkohol yang bisa membuat asam lambung meningkat, sebaiknya hindari.

2.Pola Makan Teratur

Terutama untuk Anda yang pernah kena Maag, bisa mencegahnya kembali datang dengan cara :Makan lebih sering dengan porsi sedikit. Jika biasanya Anda makan 3 kali porsi besar, ubah jadi 5 – 6 kali sehari porsi sedikit. Hindari makan berlebihan atau kekenyangan sebab membuat lambung penuh dan asam lambung bisa meningkat hingga menyebabkan perut terasa begah serta asam lambung naik. Kurangi makanan yang bersifat iritan atau menyebabkan iritasi dinding lambung seperti makanan pedas dan asam sebab jika berlebihan membuat rasa sakit pada ulu hati. Jangan langsung tidur setelah makan sebab membuat isi lambung naik ke atas.

3.Miliki Berat Badan Ideal

Orang yang gemuk lebih beresiko terkena Maag karena cenderung makan lebih banyak, membuat isi lambung penuh, meningkatkan tekanan dalam lambung, akhirnya asam lambung meningkat, dinding lambung melemah dan terjadilah Maag. Rajin olahraga dan makan dalam porsi yang tepat bisa membuat Anda lebh bugar dan jauh dari sakit Maag.

4.Selalu Minum Obat dengan Resep Dokter

Obat bebas seperti antibiotik atau Pereda nyeri jika dipakai dalam jumlah berlebihan dan tidak tepat bisa membuat rasa tidak nyaman di ulu hati sehingga menyebabkan Maag. Ada juga jamu yang mengandung kandungan tertentu seperti steroid atau penguat yang punya efek samping sama jika dipakai dalam jangka panjang. Sebaiknya konsultasi dengan Dokter yang berkompeten jika Anda akan mengkonsumsi obat agar lebih sesuai dengan kondisi dan mencegah efek samping termasuk Maag.

5.Hindari Pakaian Ketat

Memakai pakaian ketat baik itu baju ataupun celana membuat otot terasa tidak nyaman, hal ini juga berlaku pada perut, memakai pakaian terlalu ketat membuat otot perut tertekan sehingga menjadi kinerja otot bisa terganggu dan membuat kinerjanya kurang optimal. Penggunaan pakaian seperti korset sebaiknya tidak dipakai sepanjang waktu. Pakai baju yang longgar atau tidak terlalu ngepas di badan agar tubuh dan otot bisa bernafas dan bekerja dengan lebih nyaman.

6.Hindari Stress

Miliki hari-hari yang bahagia dan jalani hidup dengan optimis. Rasa sedih berkepanjangan dan tekanan yang berlebihan apda pikiran mebuat seluruh tubuh jadi tegang. Termasuk pada bagian lambung. Hal ini membuat lambung menjadi kurang kuat menangkal bakteri akhirnya menjadi sakit Maag. Tidak heran banyak penderita Maag yang mengaku Maagnya kambuh saat sedang banyak pikiran atau stress. Sebab itu, hindari dengan cara hidup yang lebih bahagia.

Referensi :

Alodokter.com

Halosehat.com