Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula

Jangan sampai karena kurang persiapan justru membuat kamu gagal mendapat pekerjaan. Supaya terhindar dari masalah tersebut coba simak cara menghadapi interview kerja bagi pemula berikut ini.

Ketika baru pertama kali terjun ke dunia kerja dan berhasil mendapat panggilan interview pasti senangnya bukan main. Namun pengalaman pertama ini seringkali memicu perasaan gelisah, gugup, dan cemas.

Jangan sampai karena kurang persiapan justru membuat kamu gagal mendapat pekerjaan. Supaya terhindar dari masalah tersebut coba simak cara menghadapi interview kerja bagi pemula berikut ini.

Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula

Kamu bisa mempelajari cara menghadapi interview kerja bagi pemula di bawah ini.

1. Cari Informasi Tentang Perusahaan

Sesaat setelah menerima panggilan interview kamu harus menyiapkan beberapa hal sebagai bekal untuk perang. Salah satunya adalah dengan mempelajari perusahaan tersebut.

Bukan hanya soal informasi umum saja jika bisa carilah informasi yang lebih detail mengenai visi misi perusahaan, posisi yang kamu inginkan, dan aturan kerja. Hal ini bisa kamu compare dengan skill yang kamu miliki apakah cocok atau tidak.

2. Perhatikan Penampilan

Walaupun kemampuan merupakan hal utama penampilan juga sama pentingnya sebagai kesan pertama. Kenakan pakaian yang bersih, sopan, dan rapi untuk pakaian atasan sebaiknya pilih warna biru, putih, atau hitam. 

Pilih sepatu yang cocok untuk digunakan kerja, tata rambut, gunakan make up natural agar wajah terlihat lebih fresh, terakhir gunakan parfum namun hindari parfum yang memiliki aroma menyengat. Sebagai penunjang kamu juga bisa memakai beberapa aksesoris seperti jam tangan namun jangan berlebihan.

3. Berangkat Lebih Awal

Datanglah setengah jam lebih awal dari waktu yang sudah dijadwalkan untuk menunjukkan keseriusan kamu. Selain itu berangkat lebih awal dipercaya banyak memberikan keberuntungan.

Etika Ketika Interview Kerja Berlangsung

Cara menghadapi interview kerja bagi pemula selanjutnya adalah mengetahui tentang etika yang perlu dijalankan diantaranya :

  1. Ketika nama kamu dipanggil ketuk pintu terlebih dahulu dan jangan asal masuk. Ketika HRD sudah menyuruhmu masuk barulah boleh buka pintu. Kemudian tutup pintu perlahan.
  2. Tersenyum saat melakukan kontak mata.
  3. Berdiri di sebelah tempat duduk jika belum dipersilahkan duduk jangan duduk. Ketika sudah dipersilahkan duduk ucapkan terimakasih.
  4. Duduk tegak dengan percaya diri.
  5. Gunakan bahasa formal dan sopan ketika menjawab bertanya ataupun menyapa HRD.
  6. Ketika HRD sedang berbicara tidak boleh memotong pembicaraan.
  7. Ada kalanya ketika recruiter ingin menguji kamu tiba-tiba ia meninggalkan tempat. Hal yang harus kamu lakukan adalah tetap diam di tempat anteng jangan celingukan dan pegang barang sana sini.
  8. Saat sesi wawancara telah selesai jabat tangan recruiter dan ucapkan terima kasih dengan sopan dan senyuman.

Kenali Pertanyaan Jebakan yang Sering Muncul

Seringkali seorang recruiter menanyakan pertanyaan jebakan jika berhasil menjawab tentu kamu akan dinilai baik. Nah salah satu cara menghadapi interview kerja bagi pemula adalah menyiapkan jawaban dari kemungkinan pertanyaan jebakan akan muncul.

Bagaimana cara kamu mendeskripsikan diri sendiri dalam 3 kata”. Pertanyaan ini bertujuan untuk menganalisa karakter kamu. Berikanlah jawaban yang berhubungan dengan posisi incaran. Misalnya akuntan kamu bisa jawab jujur, teliti, dan gesit.

“Ceritakan gambaran seperti apa pekerjaan ini (posisi yang kamu inginkan)!” Pertanyaan ini bertujuan untuk mengukur keahlian kamu dan juga pengalaman yang kamu untuk menempati posisi pekerjaan ini.

“Apa alasan kamu keluar dari perusahaan sebelumnya?” Pertanyaan ini untuk menilai track record kamu serta apakah kamu termasuk orang yang bisa menangani rahasia perusahaan. Jadi, jangan sampai memberikan jawaban yang bersifat pribadi atau malah menyebarkan aib perusahaan sebelumnya.

“Bagaimana tanggapan kamu tentang atasan kamu sebelumnya?”. Pertanyaan ini untuk menilai apakah kamu orang yang suka membicarakan keburukan orang lain atau tidak.

“Jelaskan kelemahan dan kelebihan kamu”. Saat menyebutkan kelemahan ungkapkan juga bagaimana cara kamu mengatasi kelemahan tersebut supaya tidak mengganggu pekerjaan kamu. Ketika mengungkapkan kelebihan bicaralah dengan antusias namun tetap rendah hati dan hindari sifat sombong. Tunjukkan kalau kamu pantas untuk bekerja di perusahaan itu.

“Prestasi paling luar biasa apa yang berhasil kamu raih sebelumnya?”. Ceritakan prestasi yang kamu peroleh di perusahaan sebelumnya dengan antusias dan jujur. Jika belum pernah bekerja ceritakan prestasi selama sekolah atau kuliah yang relevan dengan posisi incaran kamu. Misalnya posisi yang kamu incar adalah staf accounting, maka kamu bisa menceritakan jika berhasil lulus uji kompetensi akuntansi neraca dan laporan keuangan dengan nilai sempurna dan mendapatkan lisensi serta sertifikat.

Itulah tadi beberapa cara menghadapi interview kerja bagi pemula semoga dapat membantu. Terus semangat dalam mencari pekerjaan jangan putus asa apabila belum berhasil mungkin kamu masih harus meningkatkan kualitas dan belajar lebih banyak lagi. Sekian dan terima kasih.

Sumber: https://wongcerdas.com