Cara Mengobati Pilek Secara Alami

cara mengobati pilek secara alami

Pilek merupakan infeksi yang terjadi pada saluran pernapasan. Penyebab pilek adalah rhinovirus. Setiap orang bisa terkena pilek dalam kurun waktu setahun minimal sekali. Terlebih di musim hujan dan musim pancaroba. Akibat pilek seringkali kita terganggu dengan hidung tersumbat atau meler. Namun jangan cemas! Ada banyak pilihan obat pilek alami tradisional yang bisa membantu Anda kembali bernapas lebih lega dan cepat sembuh.

Obat pilek alami

Umumnya, Anda bisa menyembuhkan pilek yang menggangu tanpa harus menggunakan berbagai macam obat medis. Berbagai obat pilek alami berikut ini sudah dikenal sejak zaman nenek moyang, lho, untuk mengatasi pilek!

Menariknya, obat herbal pereda pilek berikut ini bisa Anda temukan dengan mudah di dapur rumah.

1. Jahe

Gambar jahe bubuk pereda pilek
Jahe bubuk: Pexels

Selain bumbu memasak, jahe ternyata juga bisa digunakan menjadi obat pilek alami. Apalagi, potensi anti pilek dari rempah pedas hangat satu ini sudah dikenal sejak ribuan tahu lalu.

Jahe terbilang sangat efektif untuk melemaskan otot saluran pernapasan sebagai pelega hidung tersumbat sehingga Anda jadi bisa kembali lancar bernapas. Jahe juga dapat menangkal rasa mual akibat terus-terusan membuang ingus ataupun dahak, dan bermanfaat mengembalikan stamina saat sedang tidak enak badan karena pilek.

Tak hanya sampai di situ. Rempah pedas ini juga teruji memicu sistem imun tubuh untuk bekerja lebih baik dalam mempercepat proses pemulihan penyakit.

Siapkan satu atau dua ruas jahe dengan ukuran sedang dan cuci sampai bersih. Jahe yang sudah dibersihkan kemudian digeprek atau diparut, lalu direbus sampai mendidih. Saring air rebusan jahe tersebut dan minum selagi hangat. Anda juga bisa menggunakan jahe bubuk yang banyak beredar di pasaran.

Sebagai perasa Anda bisa juga menambahkan dengan perasan lemon, madu, atau larutan gula merah supaya air jahe lebih enak untuk dinikmati.

2. Madu

Madu sebagai obat pilek
Madu sebagai obat pilek: Pexels

Sebagai alternatif pemanis dari gula pasir, madu juga diketahui menyimpan banyak potensi manfaat untuk kesehatan. Madu bersifat antimikroba yang artinya bisa membantu sistem imun tubuh lebih efisien dalam melawan peradangan akibat pilek.

Jika Anda ingin mengkonsumsi madu sebagai obat pilek alami, Anda bisa minum secara langsung satu sendok makan madu tiap pagi dan malam hari. Jika Anda kurang suka dengan rasanya yang terlalu manis atau kental, larutkanlah madu dalam minuman hangat seperti teh atau air lemon. Selain efektif meredakan pilek, segelas air madu juga sangat membantu mencegah dehidrasi.

Meski demikian, Anda tidak boleh memberikan madu kepada bayi berusia kurang dari 1 tahun sebagai obat pilek untuk bayi. Karena madu dapat mengakibatkan penyakit botulisme pada bayi karena mengandung spora bakteri Clostridium botulinum. Hal ini disebabkan spora yang tertelan oleh bayi dapat memproduksi racun yang berbahaya. Maka dari itu, pastikan Anda tidak sembarangan memberikan madu sebagai obat untuk bayi.

3. Sup ayam dengan bawang putih

Bawang putih untuk pilek
Bawang putih: Pexels

Banyak orang tidak tahu jika bawang putih bisa dijadikan obat alami untuk pilek. Sejarah mencatat bahwa kebanyakan masyarakat pada zaman Mesir, Yunani, dan Tiongkok Kuno telah mengenal bawang putih sebagai obat untuk berbagai macam penyakit, termasuk flu dan pilek.

Sebuah studi dalam jurnal Clinical Nutrition tahun 2012 melaporkan bahwa vitamin C dan senyawa allicin dalam bawang putih dapat membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan kuman penyakit. Selain itu, vitamin C juga membantu dalam mempercepat proses penyembuhan penyakitnya.

Manfaat bawang putih sebagai obat pilek alami akan terasa manjur jika dimakan mentah-mentah. Namun jika Anda tidak terbiasa mengunyah bawang putih mentah-mentah, Anda bisa mengakalinya dengan cara menumis atau mencacah untuk kemudian dicampur dalam masakan sehari-hari.

Anda juga bisa mengolahnya menjadi sup ayam. Ayam dan bawang putih bisa jadi perpaduan lezat yang sangat tepat untuk menyembuhkan pilek. Karena dalam daging ayam terdapat zat yang disebut carnosine yang dapat membantu mengurangi gejala flu dan pilek. Selain itu, uap hangat dari sup ayam juga membantu melancarkan nafas hidung yang sedang tersumbat.

4. Garam

garam sebagai obat pilek alami
Gambar garam

Satu lagi bumbu dapur yang bisa Anda coba gunakan sebagai obat pilek alami adalah garam. Potensi penyembuhannya juga sudah didukung oleh sejumlah penelitian medis.

Berbagai laporan penelitian menjelaskan bahwa berkumur air garam dapat membantu mencegah gejala pilek menjadi semakin parah. Larutan garam dapat membantu lendir lengket dan menempel di dinding hidung serta tenggorokan mencair. Ini menjadikan Anda lebih mudah mengeluarkannya sebagai ingus ataupun dahak.

Sementara bagi Anda yang sehat tidak terkena flu, rutin berkumur air garam juga dapat membantu pencegahan agar tidak tertular pilek dari orang lain.

Ambil setengah sendok garam kemudian larutkan dalam satu gelas air hangat. Lalu, gunakan untuk berkumur selama beberapa detik dan buang airnya. Ingat, air bekas kumur-kumur jangan ditelan, ya!

5. Daun mint

Daun mint pereda pilek
Daun mint: pexels

Daun mint juga bisa difungsikan sebagai obat pilek alami. Ekstrak daun mint diketahui memiliki kinerja yang mirip sebagaimana obat dekongestan. Keduanya dapat membantu mengencerkan lendir penyebab hidung mampet. Sensasi hangat dari menthol juga bermanfaat melancarkan aliran udara dalam saluran pernapasan.

Tak heran jika kebanyakan obat medis untuk pilek dan flu di pasaran mengandung ekstrak mentol daun mint.

Cara lain menyembuhkan pilek secara alami

Selain dengan menggunakan bahan dapur di atas, terdapat beberapa cara alternatif untuk meredakan pilek tanpa harus ke dokter. Beberapa pengobatan rumahan berikut ini juga dapat membantu Anda meredakan gejala pilek, seperti hidung mampet, tenggorokan gatal, bersin-bersin, dan badan lemas.

1. Menghirup uap hangat

Tak harus dengan minum obat, mengirup uap hangat juga dapat menjadi salah satu cara alami menyembuhkan pilek. Uap hangat dapat membantu mencairkan lendir sekaligus melemaskan saluran hidung yang telah membengkak. Dengan begitu, Anda tak akan lagi kesulitan untuk sekadar bernapas.

Cara melakukannya cukup mudah, Anda tinggal mengisi baskom lebar dengan air panas lalu posisikan kepala Anda menunduk tepat diatas permukaan air. Tutupi kepala Anda menggunakan handuk lebar agar uap panasnya tidak menguap ke mana-mana. Pastikan juga jarak antara wajah Anda dan baskom yang berisi air panas tidak terlalu dekat.

Jika Anda punya persediaan minyak esensial di rumah, Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes ke dalam air panas tersebut.

2. Minum air putih

Air putih untuk mengatasi pilek
Air putih meredakan pilek

Ingin cepat sembuh? Perbanyaklah minum air putih hangat selama Anda menderita sakit pilek. Selain dapat mencegah dehidrasi, obat pilek alami ini juga sangat membantu melegakan hidung tersumbat dan juga melembapkan tenggorokan Anda.

Sebenarnya tak harus air putih. Anda juga bisa mendapatkan asupan cairan dengan minuman lain, seperti jus buah asli, air jahe, juga teh hangat. Namun hindari minuman kemasan yang mengandung kadar gula tinggi. Selain itu, hindari pula minuman beralkohol serta mengandung kafein selama Anda sakit.

3. Pakai bantal tambahan

Bantal ekstra mengatasi pilek
Bantal ekstra mengatasi pilek: Pexels

Pilek akan membuat Anda jadi kesulitan tidur nyenyak karena hidung tersumbat. Di sisi lain, tenggorokan juga terasa nyeri dan gatal, sehingga membuat tidur Anda jadi tidak nyaman.

Nah, supaya malam nanti Anda bisa tidur dengan nyenyak, cobalah untuk memakai bantal ekstra di bawah kepala. Menyelipkan satu bantal tambahan di bawah kepala terbukti dapat membuat lendir mengalir turun dengan sendirinya.

Satu hal penting untuk Anda perhatikan, jangan menggunakan bantal yang terlalu tebal dan terlalu tinggi. Penggunaan bantal yang tidak tepat justru akan membuat tidur Anda semakin tidak nyenyak, karena posisi yang tak nyaman. Belum lagi akan mengakibatkan leher Anda sakit dan badan pegal-pegal ketika bangun tidur. Jadi, utamakan selalu kenyamanan Anda saat mencoba memakai obat pilek alami ini, ya!

4. Selalu buang ingus dari hidung

Membuang ingus
Membuang ingus

Agar ingus tidak berkerak dan menumpuk di saluran hidung, sering-seringlah mengeluarkan ingus dari hidung. Namun, pastikan Anda melakukannya dengan cara yang benar, ya.

Jika Anda berusaha mengeluarkannya dengan sekuat tenaga, malah berpotensi menyebabkan lendir yang mengandung banyak kuman menuju saluran telinga. Bukannya nafas terasa lega, Anda malah akan mengalami sakit telinga.

Cara terbaik untuk buang ingus adalah dengan menekan salah satu sisi lubang hidung saja. Denguskan napas melalui hidung tapi tidak perlu sekuat tenaga. Cukup dengan menghembuskan perlahan sampai ingus bisa keluar dari hidung.

5. Gunakan pelembap udara

Cara Mengobati Pilek Secara Alami
Humidifier

Gejala pilek umumnya akan terasa semakin parah apabila Anda terlalu lama berada di ruangan ber-AC. Suhu dingin dan udara kering dalam ruangan ber-AC akan menyebabkan hidung dan tenggorokan Anda semakin gatal.

Tak hanya itu. Berada di ruangan ber-AC terlalu lama juga bisa menyebabkan mulut kering yang akan semakin memperparah gejala pilek Anda.

Anda bisa mencoba menggunakan humidifier (alat pelembap udara) untuk mengatasi gejala pilek yang Anda derita secara alami. Saat ini alat ini sudah banyak dijual di pasaran dengan berbagai variasi bentuk dan ukuran. Humidifier terbilang efektif untuk melembapkan udara sekaligus membantu melegakan pernapasan Anda.

Namun, memakai humidifier tidak boleh dengan asal-asalan. Pastikan Anda berkomitmen untuk selalu rutin membersihkan alat ini sebelum dan setelah memakainya agar tidak memicu tumbuhnya kuman di dalamnya.

Di samping itu pemakaian humidifier secara berlebihan juga berpotensi membuat udara di ruangan terlalu lembap. Apabila udara terlalu lembap, maka jamur dan bakteri sangat mudah untuk berkembang biak. Hal ini justru berpotensi meningkatkan risiko terkena penyakit.

6. Perbanyak makanan mengandung vitamin C

Cara Mengobati Pilek Secara Alami

Vitamin C memiliki banyak manfaat untuk tubuh, termasuk untuk meningkatkan sistem imun. Ketika Anda terserang penyakit, kadar vitamin C dalam tubuh Anda akan menurun.

Itulah alasan kenapa dokter sering menyarankan pasiennya untuk mengonsumsi vitamin C lebih banyak saat terpapar penyakit. Sistem imun yang meningkat dapat membantu Anda untuk lebih cepat pulih dari penyakit pilek.

Obat pilek alami ini sangat mudah ditemukan dalam buah-buahan maupun sayuran. Contohnya, dalam jeruk, lemon, tomat, jambu, paprika, kiwi, brokoli, pepaya, stroberi.

Namun yang perlu diingat suplemen vitamin C tidak selalu dibutuhkan oleh semua orang. Apabila Anda ingin menggunakannya, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

7. Perbanyak istirahat

Perbanyak istirahat untuk mengatasi pilek

Pilek jangan pernah dianggap remeh karena penyakit ini sangat cepat menular. Virus penyebab pilek bisa menyebar lewat udara melalui droplet ketika Anda berbicara, batuk, dan bersin.

Nah, memaksakan diri Anda untuk tetap beraktivitas seperti biasa dan berinteraksi dengan banyak orang justru akan meningkatkan risiko penularan pilek ke lingkungan sekitar. Itu sebabnya, lebih baik beristirahatlah di rumah. Manfaatkan waktu ini untuk memperbanyak waktu tidur Anda. Cukupi waktu tidur 7-8 jam dalam sehari dengan tidur siang. Tidur merupakan obat alami paling manjur untuk mengatasi pilek.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) pun menganjurkan hal ini. Dalam laman resminya, CDC merekomendasikan orang yang menderita flu dan pilek untuk beristirahat di rumah setidaknya 24 jam (1 hari) setelah demam turun. Anda baru boleh beraktivitas kembali jika kondisi tubuh Anda sudah benar-benar fit.

Namun jika ada kebutuhan mendesak yang mengharuskan untuk keluar rumah, pakai masker penutup mulut untuk menghindari penularan penyakit pada orang lain.

Kapan harus berobat ke dokter jika masih saja pilek?

Umumnya pilek bisa sembuh dengan sendirinya tanpa harus melalui pengobatan medis dalam 7-10 hari sejak gejalanya muncul pertama kali. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan menjalani pola hidup sehat dan makan sehat, juga istirahat yang cukup agar membantu mempercepat penyembuhannya.

Namun, jika gejala pilek tak kunjung hilang, baik penderita anak-anak atau dewasa, cobalah memberikan obat pilek atau segera ke dokter apabila:

  • Masih mengalami demam tinggi meskipun sudah minum paracetamol.
  • Sering muntah.
  • Hidung mampet hingga mengalami sesak napas.
  • Warna ingus berubah menjadi tidak normal.
  • Sakit tenggorokan berat, hingga suara parau serak.
  • Sakit kepala yang parah.
  • Batuk secara berkelanjutan.
  • Nyeri pada bagian saluran sinus.
  • Telinga berdenging.
  • Nafsu makan menurun hingga berat badan berkurang sangat drastis.

Sumber:

Hellosehat.com


Pencarian Terkait:

cara menyembuhkan telinga yang terasa tersumbat language:id

About Author

Silvia Nur Fadhilah

Santri Ponpes Hikmatun Najiyah, saat ini kuliah di jurusan Farmasi. Selain rebahan saat ini biasa menulis di Nyaut Portal.

Posting Terbaru