5 Cara Menjadi Istri yang Baik Menurut Islam dan Dalilnya

5 Cara Menjadi Istri yang Baik Menurut Islam

dan sabar sudah menjadi dambaan setiap wanita di dunia. Hal itu juga terjadi pada wanita muslimah yang ingin menjadi istri yang baik bagi suami dan keluarganya. Demi terciptanya keluarga yang harmonis, beberapa wanita muslimah akan melakukan apa saja untuk mencari cara .

Selama bertahun-tahun, wanita Muslim percaya bahwa dengan cara menjadi istri yang baik dan sabar dapat membuka pintu Jannah. Entah untuk membahagiakan suami atau keluarganya, seorang istri akan berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkannya.

Berbicara tentang menjadi istri yang baik, berikut kami punya beberapa tipsnya agar bisa Anda terapkan dalam rutinitas harian Anda. Mari kita periksa di bawah ini!

1. Jadilah Muslimah yang Lebih Baik

Hal pertama yang harus dilakukan wanita Muslim untuk menjadi istri yang baik setidaknya mereka mencoba yang terbaik untuk menjadi Muslim yang lebih baik. Tidak ada yang sempurna sehingga seorang istri harus mempertimbangkan untuk menjadi seorang wanita Muslim yang lebih baik untuk suaminya. Ini akan memberi mereka lebih banyak manfaat secara signifikan.

Agar menjadi istri yang baik di mata suami, Anda bisa melakukan hal-hal sederhana seperti membangunkan suami untuk sholat Subuh, mengajaknya membaca Alquran bersama, dan masih banyak lagi. Melakukan perbuatan baik itu dapat membawa seorang istri menjadi seorang wanita Muslim yang lebih baik dari sebelumnya. Itu bisa menjadi salah satu cara untuk memperkuat pernikahan dalam Islam .

Seperti yang disebutkan dalam Al-Qur’an surah An Nisa ayat 124 di bawah ini.

وَمَن يَعۡمَلۡ مِنَ ٱلصَّٰلِحَٰتِ مِن ذَكَرٍ أَوۡ أُنثَىٰ وَهُوَ مُؤۡمِنٞ فَأُوْلَٰٓئِكَ يَدۡخُلُونَ ٱلۡجَنَّةَ وَلَا يُظۡلَمُونَ نَقِيرٗا

“Dan barang siapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan, dalam keadaan beriman, mereka akan masuk surga dan mereka tidak dianiaya sedikit pun.” (QS 4:124)

2. Lebih Bersyukur

Cara menjadi istri yang baik buat suami berkorelasi dengan rasa syukur yang Anda miliki terhadap apa yang suami Anda berikan selama ini. Serta menyadari begitu banyak nikmat Allah yang tak terhitung untuk istri dan suaminya membuat sang istri harus lebih bersyukur.

Lebih bersyukur tidak hanya akan membantu Anda tetapi juga suami dan keluarga Anda. Apalagi sudah disebutkan dalam Al-Qur’an surah Ar-Rum ayat 21 di bawah ini.

وَمِنۡ ءَايَٰتِهِۦٓ أَنۡ خَلَقَ لَكُم مِّنۡ أَنفُسِكُمۡ أَزۡوَٰجٗا لِّتَسۡكُنُوٓاْ إِلَيۡهَا وَجَعَلَ بَيۡنَكُم مَّوَدَّةٗ وَرَحۡمَةًۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَأٓيَٰتٖ لِّقَوۡمٖ يَتَفَكَّرُونَ

“ Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya adalah bahwa Dia menciptakan bagimu sekutu bagimu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram dengan mereka, dan Dia menciptakan di antara kamu cinta dan kasih sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.” (QS 30:21)

3. Jadilah Istri yang Hormat

Menjadi istri yang penuh hormat bisa menjadi salah satu amalan baik yang menuntun Anda menjalani bagaimana menjadi istri yang baik dalam membahagiakan suami. Suami Anda mungkin perlu tahu di mana Anda berada, apa yang Anda lakukan, dan dengan siapa sepanjang hari saat suami Anda tidak ada.

Anda juga dapat memanjatkan beberapa Doa untuk pengantin baru dalam Islam untuk mendukung tindakan hormat Anda terhadap suami Anda. Memberitahu Anda semua yang Anda lakukan apakah suami Anda tidak ada adalah perbuatan baik yang dapat Anda lakukan. Itu bisa menjadi salah satu cara menjadi istri yang terhormat, yang bisa membantu Anda menjadi istri yang baik bagi suami Anda.

Seperti yang disebutkan dalam Al-Qur’an surah An Nisa ayat 34 di bawah ini.

ٱلرِّجَالُ قَوَّٰمُونَ عَلَى ٱلنِّسَآءِ بِمَا فَضَّلَ ٱللَّهُ بَعۡضَهُمۡ عَلَىٰ بَعۡضٖ وَبِمَآ أَنفَقُواْ مِنۡ أَمۡوَٰلِهِمۡۚ فَٱلصَّٰلِحَٰتُ قَٰنِتَٰتٌ حَٰفِظَٰتٞ لِّلۡغَيۡبِ بِمَا حَفِظَ ٱللَّهُۚ وَٱلَّٰتِي تَخَافُونَ نُشُوزَهُنَّ فَعِظُوهُنَّ وَٱهۡجُرُوهُنَّ فِي ٱلۡمَضَاجِعِ وَٱضۡرِبُوهُنَّۖ فَإِنۡ أَطَعۡنَكُمۡ فَلَا تَبۡغُواْ عَلَيۡهِنَّ سَبِيلًاۗ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ عَلِيّٗا كَبِيرٗا

“ Laki-laki (suami) adalah pelindung bagi perempuan (istri), karena Allah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian (perempuan) lainnya, dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahi sebagian hartanya. Maka wanita yang saleh adalah mereka yang taat (kepada Allah) dan menjaga diri mereka sendiri ketika (suaminya) tidak ada karena Allah telah memelihara (mereka).” (QS 4:34)

4. Dengarkan Suamimu

Mendengarkan perkataan suami dengan baik bisa menjadi salah satu cara menjadi istri yang baik menurut islam. Sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur’an An Nisa ayat 34, suami harus memberikan beberapa nasihat agar istrinya menaatinya dengan cara yang baik.

…. وَٱلَّٰتِي تَخَافُونَ نُشُوزَهُنَّ فَعِظُوهُنَّ وَٱهۡجُرُوهُنَّ فِي ٱلۡمَضَاجِعِ وَٱضۡرِبُوهُنَّۖ فَإِنۡ أَطَعۡنَكُمۡ فَلَا تَبۡغُواْ عَلَيۡهِنَّ سَبِيلًاۗ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ عَلِيّٗا كَبِيرٗا

“ …. Para wanita yang kamu khawatirkan Nusyuz, kamu harus menasihati mereka, meninggalkan mereka di tempat tidur (ranjang terpisah), dan (jika perlu) memukuli mereka. Tetapi jika mereka mematuhi Anda, maka jangan mencari alasan untuk menyusahkan mereka. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi, Maha Besar.” (QS 4:34)

5. Hindari Perbuatan Buruk

Apakah diperbolehkan dalam Islam untuk merayakan ulang tahun pernikahan Anda? Nah, itu bisa jadi salah satu amalan baik yang bisa kamu lakukan bersama suami. Alih-alih melakukan perbuatan buruk, menghindarinya bisa menjadi cara yang baik dengan melakukan perbuatan baik seperti merayakan acara syukuran hari jadi.

Menjadi istri yang baik bagi suami berkorelasi untuk menghindari perbuatan buruk yang membawa Anda ke dalam dosa untuk Anda dan suami Anda dengan memohon beberapa Do’a untuk memperkuat pernikahan Anda . Itu bisa menjadi cara yang baik agar Anda memiliki kehidupan yang lebih bahagia bersama suami.

Selain itu, meminimalkan perbuatan buruk terhadap suami dapat membuat pernikahan Anda langgeng. Selain itu, Allah dapat memberikan Anda dan suami Anda Jannah karena perbuatan baik itu dan mampu menghindari jenis-jenis talak dalam Islam .

Seperti yang disebutkan dalam Al-Qur’an surah An Nisa ayat 31 di bawah ini.

إِن تَجۡتَنِبُواْ كَبَآئِرَ مَا تُنۡهَوۡنَ عَنۡهُ نُكَفِّرۡ عَنكُمۡ سَيِّـَٔاتِكُمۡ وَنُدۡخِلۡكُم مُّدۡخَلٗا كَرِيمٗا

“Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar di antara dosa-dosa yang diharamkan, niscaya Kami akan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan Kami akan memasukkanmu ke tempat yang mulia (surga).” (QS 4:31)

Nah, itulah beberapa tips menjadi istri yang baik menurut Islam yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Apa yang telah disampaikan di sini bersumber dari dalil-dalil Al-Qur’an sehingga halal untuk dilakukan. Namun, jika dirasa sangat singkat, Anda juga bisa dari membaca buku cara menjadi istri yang baik dalam Islam.

Referensi : ruqyahcirebon.com

Tinggalkan Komentar
Posting Terbaru

Related Articles

Related