Cara Menurunkan Berat badan Secara Alami Ala Santri Pesantren

Cara Menurunkan Berat badan Secara Alami

Cara Menurunkan Berat badan Secara Alami – Melihat timbangan selalu bertambah memang kadang sangat menyebakan. Melakukan diet adalah pilihan utama supaya timbangan bisa kembali ke angka normal. Tapi sayangnya melakukan hal tersebut tidaklah mudah. Rencana untuk berdiet biasanya hanya akan menjadi wacana dan tidak pernah terealisasikan. Maka dari itu, untuk menurunkan berat badan, niat yang kuat dari diri sendiri sangat diperlukan. Jika diri sendiri sudah benar-benar niat, segala macam usaha untuk menurunkan berat badan akan dilakukan secara konsisten.

Baca juga: Diet sehat tanpa lapar

Pada dasarnya, berat badan yang dimiliki seseorang bergantung dari seberapa jumlah asupan kalori yang masuk kedalam tubuhnya, dan seberapa banyak kalori itu dikeluarkan. Kamu akan memiliki berat badan yang ideal jika kalori yang masuk dalam tubuhmu terpakai secara efisien oleh tubuh sehingga tidak ada yang tertimbun dan menjadi lemak. Jadi jika, berat badanmu sudah mulai bertambah, prinsipnya adalah kamu harus mengonsumsi jumlah kalori lebih sedikit dari biasanya dan melakukan aktifitas yang bisa dan juga membakar lemak lebih banyak.

Cara Menurunkan Berat Badan di Pesantren

Berikut beberapa tips diet yang bisa kamu lakukan di pesantren. Kamu harus mulai dari merubah pola hidup secara konsisten.

  • Biasakan untuk menum air putih sebelum makan

Untuk menurunkan berat badan secara alami, kamu bisa memulainya dengan merubah pola hidup yang lebih sehat. Salah satu pola hidup yang harus kamu jalani adalah dengan banyak minum air putih. Jangan hanya minum air putih saat sedang haus, kebutuhan asupan air bagi tubuh harus kamu penuhi. Paling tidak kamu bisa minum air putih 8 gelas per harinya.

Selain itu, biasakan untuk minum air putih sebelum makan. Dengan melakukan kebiasaan ini, porsi makan mu akan jauh lebih sedikit. Mengkonsumsi air bisa menambah efek kenyang, jadi saat kamu berencana untuk makan dengan porsi yang cukup banyak, kamu akan mengurungkan niat karena sudah cukup merasa kenyang.

  • Biasakan diri untuk sarapan

Sarapan terkadang selalu dikesampingkan. Padahal sarapan sangatlah dibutuhkan oleh tubuh. Sarapan adalah sumber tenaga untuk kamu beraktifitas seharian, jadi jangan tinggalkan sarapan.

Pilih menu sarapan yang tepat, jangan terlalu banyak karbohidratnya. Kamu bisa memilih menu seperti roti gandum dengan selai kacang atau telur rebus dengan satu buah pisang ditambah susu rendah lemak.

  • Jadwal makan lebih banyak, porsinya dikurangi

Jadwal makan normal seseorang biasanya adalah 3 kali dalam sehari. Tapi dengan jadwal ini, jika porsi makanan yang dimakan jumlahnya sangat banyak, hal ini akan berpengaruh pada berat badan.

Lebih baik jadwal makan ditambah menjadi 4 atau 5 kali dalam sehari, tapi porsi makannya dikurangi. Daripada makan sehari 3 kali, tapi porsinya sangat banyak.

Jika kamu serius untuk menurunkan berat badan di pesantren, makanan yang kamu konsumsi harus mulai kamu perhatikan. Jangan sembarangan memilih menu makan.

Pilihlah menu makanan yang kaya serat seperti sayur dan buah-buahan. Sumber protein juga bisa menjadi menu andalan seperti telur, atau ikan laut.

Makanan diusahan untuk direbus, jangan digoreng. Makanan yang digoreng biasanya memiliki kandungan lemak yang lebih banyak.

  • Olahraga secara rutin dan konsisten.

Mulailah membiasakan diri untuk berolahraga secara rutin dan konsisten. Kamu bisa melakukan jogging di halaman pondok, atau olahraga di kamar seperti sit up, push up, dan lain-lain.

Olahraga akan membantu kamu membakar lemak yang ada di tubuh. Selain itu dengan olahraga, saat berat badanmu mulai menurun, badanmu akan tetap kencang.

Demikian sedikit tips untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan. Dengan merubah pola hidup, tujuanmu untuk menjadi lebih ramping bukan lagi sebuah mimpi.