Daftar 10 Makanan Peningkat Imun

Makanan Peningkat Imun

Daya tahan tubuh menjadi salah satu faktor kunci dalam mencegah serangan virus corona, dan berbagai virus yang lain. Makanan peningkat imun tubuh umumnya berupa buah dan sayur. Namun selain itu, ada juga berbagai makanan peningkat daya tahan tubuh yang bersumber dari bahan lainnya.

Dari berbagai jenis makanan penuh nutrisi yang bermanfaat sebagai peningkat daya tahan tubuh, ternyata makanan-makanan tersebut mudah kita jumpai.

Memang, tubuh sangat membutuhkan berbagai jenis nutrisi untuk dapat melawan berbagai jenis infeksi bakteri jahat maupun virus. Menurut penelitian yang telah dipublikasikan dalam sebuah jurnal “Proceedings of the Nutition Society” tahun 2013, menyatakan kekurangan salah satu spektrum nutrisi berpotensi memengaruhi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

Untuk itu, selain buah dan juga sayuran, berikut beberapa makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh

1. Daging sapi

Daging sapi untuk kekebalan tubuh
Daging sapi untuk kekebalan tubuh: Pexels

Satu porsi daging sapi dapat menyuplai kebutuhan seng harian Anda. Seng bertindak sebagai faktor pendamping yang berfungsi untuk berbagi reaksi kimia yang bermanfaat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jika Anda vegetarian atau Anda tidak dapat memakan daging sapi, sumber seng lain dapat Anda temukan dalam makanan lain, seperti lentil, tiram, atau tahu.

2. Ikan tuna

Daging tuna untuk kekebalan tubuh
Daging tuna untuk kekebalan tubuh

Ikan tuna termasuk makanan laut peningkat daya tahan tubuh karena merupakan pemasok sumber vitamin D yang baik. Selain itu, jenis ikan ini juga mengandung seng.

Melansir dari Live Strong, tuna merupakan sumber pangan yang baik untuk mendapatkan nutrisi pembangkit tenaga serta berkhasiat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

3. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari juga termasuk makanan peningkat daya tahan tubuh karena di dalamnya terdapat kandungan sumber seng dan vitamin E yang baik. Vitamin E juga merupakan nutrisi yang penting untuk imunitas.

Vitamin E bermanfaat melindungi sel kita dari kerusakan dan membantu menaikkan tingkat respons kekebalan tubuh kita terhadap infeksi.

4. Susu

Susu juga termasuk dalam kategori makanan peningkat daya tahan tubuh. Segelas susu sapi mengandung banyak nutrisi yang baik untuk daya kekebalan tubuh. Susu sapi juga memiliki kandungan vitamin D, vitamin A, dan seng.

Vitami D bermanfaat untuk membantu mengatur sistem imun tubuh dan dapat meningkatkan pertahanan alami tubuh terhadap berbagai penyakit. Namun jika Anda memiliki intoleransi laktosa, Anda bisa mengganti susu sapi dengan meminum susu almon. Almon mengandung vitamin E dan lemak sehat yang sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh.

5. Yogurt

Yogurt untuk daya tahan tubuh
Yogurt untuk daya tahan tubuh

Makanan fermentasi seperti halnya yogurt dan kombucha merupakan makanan peningkat daya tahan tubuh karena di dalamnya terdapat kandungan probiotik yang baik untuk meningkatkan fungsi kekebalan. Yogurt juga merupakan sumber probiotik yang mengandung vitamin D, vitamin A, dan seng.

Semakin banyak probiotik, secara otomatis semakin banyak bakteri baik yang masuk ke tubuh kita. Melansir dari Healthline, saat ini, uji klinis sedang mengerjakan analisa efek yogurt pada Covid-19.

6. Teh hijau

Teh hijau untuk sistem imun
Teh hijau untuk sistem imun

Teh hijau selain segar untuk dijadikan minuman juga termasuk salah satu bahan yang membantu peningkat daya tahan tubuh karena adanya kandungan antioksidan yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG). Dalam beberapa penelitian, EGCG telah terbukti mampu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Selain itu, teh hijau juga merupakan sumber asam amino L-theanine yang bermanfaat dalam membantu memproduksi senyawa pelawan kuman di sel T Anda.

7. Daging unggas

Daging kalkun untuk daya tahan tubuh
Daging kalkun untuk daya tahan tubuh

Saat mengalami flu atau pilek, mengkonsumsi sup ayam menjadi terapi yang menenangkan. Ini bukan sekadar sugesti. Karena pada dasarnya, sup ayam termasuk salah satu bahan makanan peningkat daya tahan tubuh karena memiliki khasiat anti-peradangan yang dapat meredakan gejala pilek.

Demikian itu karena daging unggas seperti ayam dan kalkun mengandung vitamin B-6. Jenis vitamin ini sangat bermanfaat dalam pembentukan sel darah merah baru yang sehat.

8. Seafood bercangkang

Makanan laut bercangkang seperti kerang merupakan bahan makanan peningkat daya tahan tubuh karena menjadi sumber seng yang baik. Ada beragam jenis makanan laut bercangkang yang dinyatakan mengandung seng tinggi, seperti tiram, kepiting, lobster, dan juga kerang.

9. Kunyit

Kunyit memiliki kandungan anti-inflamasi dalam mengobati beberapa macam penyakit. Sebuah penelitian juga menyatakan efek kurkumin dalam kunyit bermanfaat sebagai efek penguat kekebalan tubuh dan antivirus.

10. Bawang putih

Bawang putih atau garlic dapat ditemui dalam berbagai jenis masakan di seluruh dunia. Bumbu masak ini tidak hanya bermanfaat sebagai penambah cita rasa, tetapi juga punya manfaat dari sisi kesehatan. Kandungan tinggi senyawa yang mengandung sulfur seperti allicin dalam bawang putih berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh.

Itulah 10 daftar bahan makanan peningkat daya tahan tubuh yang perlu Anda konsumsi di tengah pandemi corona ini. Namun ingat, konsumsilah secara wajar bahan makanan peningkat daya tahan tubuh tersebut, jangan berlebihan.