Doa Mengatasi Insomnia

Doa tidak bisa tidur karena gelisah

Doa Mengatasi Insomnia – Insomnia adalah masalah gangguan tidur yang mengakibatkan penderitanya mengalami kesulitan tidur, atau tidur tidak cukup, meskipun ia memiliki cukup waktu untuk melakukannya. Gangguan susah tidur menyebabkan kondisi penderita tidak bugar dan prima untuk melakukan aktivitas keesokan harinya.

Kuantitas dan kualitas tidur umumnya sangat berpengaruh dalam kualitas hidup, serta kesehatan dan kebugaran seseorang secara keseluruhan. Tidur yang kurang cukup berpotensi menimbulkan gangguan fisik dan mental. Pada umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu 8 jam untuk tidur dalam sehari agar kondisi tubuh terjaga dan tetap fit.

Gejala Insomnia

Insomnia ditandai dengan kondisi susah tidur atau tidur yang tidak bisa nyenyak. Dampaknya, penderita susah tidur dapat menjadi mudah marah dan depresi. Gejala insomnia dapat memicu gejala lain, seperti:

  • Di siang hari mudah mengantuk.
  • Mudah lelah saat menjalani aktivitas.
  • Sulit fokus ketika sedang beraktivitas.
  • Sulit tidur juga berdampak membuat penderita insomnia kesulitan konsentrasi, sehingga rawan mengalami risiko kecelakaan.

Doa agar terbebas dari insomnia

Agar terbebas dari susah tidur, ada beberapa metode yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan memanjatkan doa-doa yang telah diajarkan langsung oleh Rasululloh Saw. Hal inilah yang menjadikan seorang muslim harus bersyukur karena telah diberikan pengajaran dalam mengatasi berbagai problem kehidupan. Karena semua problematika kehidupan, baik masalah yang berhubungan dengan jasmani atau rohani semua telah diajarkan solusinya oleh Nabi Saw.

Berikut ini adalah hadits tentang doa terbebas dari susah tidur:

1(بابُ ما يَقولُ إذا قلقَ في فراشِه فلم ينمْ)

٢٨٩ – روينا في كتاب ابن السني عن زيد بن ثابت رضي الله عنه قال:  شكوتُ إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم أرَقاً أصابني، فقال: قُلِ: اللَّهُمَّ غارَتِ النُّجُومُ وَهَدأتِ العُيُونُ وأنْتَ حَيُّ قَيُّومٌ لا تَأخُذُكَ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ، يا حيُّ يا قيوم أهدئ لَيْلي، وأنِمْ عَيْنِي، فقلتُها، فأذهب اللَّه عزّ وجلّ عني ما كنتُ أجد .

Imam Nawawi Ra menuturkan dalam kitab Adzkarnya “Bab, doa yang dibaca ketika seseorang gelisah saat akan tidur sehingga mengalami kesulitan tidur.

Kami meriwayatkan dari kitabnya Ibn Sunni, dari Zaid bin Tsabit Ra beliau berkata: Aku mengeluh kepada Rasulullah Saw atas insomnia yang ku alami, kemudian Nabi Saw bersabda: Bacalah doa berikut:

Allohumma ghoorotin nujuum, wa hada’atil uyuun, wa anta hayyun qoyyum, la ta’khudzuka sinatun wala naum, ya hayyu ya qoyyum, ahdi’ laili wa anim ‘aini.

Kemudian aku membaca doa tersebut, dan Allah azza wajalla menghilangkan sulit tidur yang ku alami.”

Arti doa susah tidur di atas adalah “Ya Alloh, bintang-bintang telah tenggelam, dan semua mata telah terpejam, dan Engkau Dzat Yang Maha Hidup dan Maha Mengatur, Engkau terbebas dari tidur dan kantuk maka tenangkanlah waktu malamku dan pejamkanlah mataku.”

Refrensi doa mengatasi insomnia:

  1. الأذكار للنووي

0 Komentar

Penulis: mantra-berdarah

Kategori

Related Articles

Related