Hukum Wanita Cantik Ceramah di Youtube

Hukum Wanita Cantik Ceramah di Youtube

Pada zaman modern seperti sekarang menyebarkan dakwah syari’at islam sangatlah mudah, karena saat ini dakwah bisa dilakukan melalui media sosial, salah satunya yaitu Youtube. Berdakwah melalui konten digital termasuk dengan cara mengupload video ceramah youtube merupakan metode dakwah yang efisien, dan disebut-sebut sangat efektif dalam menyampaikan ajaran Islam.

Namun bukan rahasia umum lagi jika selain bisa digunakan media dakwah, Youtube juga membayar para pembuat konten video yang berhasil menarik banyak penonton untuk melihat videonya.

Alasan inilah yang menjadikan banyak content creator yang berusaha mempromosikan channelnya dengan berbagai cara. Ada yang mengiklankan channelnya baik via Google Ads, Facebook Ads, atau dengan cara mencari jasa penjual subscriber, jasa penjual backlink dan jasa SEO lain agar channelnya bisa dengan mudah tampil di halaman 1 pencarian Google.

Sebagai info, backlink adalah istilah untuk menamai sebuah tautan atau link yang menuju ke website/konten Youtube. Backlink biasa dimanfaatkan sebagai rujukan yang memudahkan pembaca blog atau sekadar untuk keperluan optimasi SEO (Search Engine Optimization) agar website, blog, halaman Facebook, toko online atau channel Youtube kita lebih populer di mata mesin pencari.

Alasan inilah yang menjadikan warganet banyak yang membuka jasa penjualan backlink, meski banyak juga para penjual backlink tidak terpercaya yang menipu beberapa kliennya. Untuk itu, agar Anda tidak tertipu dalam membeli jasa backlink usahakan mencari jasa profesional yang benar-benar terpercaya.

Untungnya saat ini ada marketplace yang khusus untuk jual beli backlink, diantaranya yang terpercaya yaitu Mediabacklink.com. Review layanan mediabacklink.com juga sangat positif, Anda tidak akan tertipu di sana.

Untuk membeli layanan backink dari merketplace ini terlebih dulu Anda harus melakukan pendaftaran. Pendaftarannya juga sangat mudah, Anda tinggal klik link ini dan mengikuti langkah-langkah selanjutnya. Jangan lupa memilih tab beli backlink jika memang Anda ingin membeli jasa ini.

Jika Anda sudah memahami tentang backlink dan berbagai cara optimasi channel Youtube, maka kita kembali ke topik permasalahan. Simak deskripsi masalahnya berikut ini!

Hukum Wanita Cantik Ceramah di Youtube

Meski melakukan optimasi channel Youtube agar memiliki banyak pelanggan sangat ribet dan memerlukan berbagai riset katakunci yang tidak mudah. namun hal ini tidak berlaku bagi Lala (nama samaran) seorang youtuber muda, hijaber cantik berusia 20 tahun yang aktif dalam membuat konten syari berupa ceramah agama. Tak sedikit warganet yang menyukai dan memosting ulang videonya, baik lelaki atau wanita dan itu dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja puber maupun yang sudah tua.

Hal ini disebabkan gaya penyampaian dan bahasa ceramahnya yang mudah dipahami semua kalangan. Selain itu Lala juga memiliki paras cantik yang menarik dan menggemaskan para lelaki baligh. Selain Lala masih banyak lagi vlogger-vlogger dan Youtuber muda seperti artis yang mendakwahkan syi’ar-syi’ar Islam lewat sholawatnya yang merdu, artis yang bersyi’ar dengan bacaan al-Qur’an yang tartil dan masih banyak lagi vlogger wanita yang mendunia lewat video-video dakwahnya. Pertanyaannya.

Dalam tinjauan fiqih bolehkah megunggah dan memposting video dakwah sebagaimana deskripsi di atas?

Jawaban:

Diperbolehkan  jika memenuhi ketentuan-ketentuan berikut ini:

  1. Isi Konten dan tujuannya sama sekali tidak melanggar atau bertentangan dengan syariat
  2. Tidak  diyakini atau tidak ada dugaan kuat bahwa konten tersebut akan menimbulkan fitnah atau syahwat dengan indikasi seperti terdapat praktek mengumbar aurat, penampilan dai wanita yang sangat menarik, dengan suara ataupun caption lebay dan melewati batas. Jika tidak ada dugaan semacam ini maka diperbolehkan. Sementara jika hanya sebatas keraguan akan adanya fitnah maka makruh.

Catatan: Yang dimaksud fitnah di sini adalah ketertarikan atau dorongan yang tumbuh pada lawan jenis untuk melakukan zina atau muqoddimahnya.

Referensi:

  1. Bugyatul Musytarsidin , hal. 260
  2. Fathul Wahab, Juz 2 Hal 176-177
  3. Mausyuah Fiqhiyah, Juz 10 hal. 330
  4. Ihya’ Ulumuddin, Juz 3 hal. 457
  5. Dan lain-lain

Hukum Menonton, Like dan Share Video Wanita Ceramah

Sedangkan hukum menonton, membagikan atau posting ulang dan menge-like video tersebut juga diperbolehkan kecuali bila diyakini atau diduga kuat akan menimbulkan dampak negatif atau fitnah.

Referensi:

  1. Yasalunaka fiddin walhayat , Juz 1 hal. 644-655
  2. Fatawa Azhar, Juz 1 Hal 174
  3. Is’adurrafiq, Juz 2 hal. 69
  4. Qowaidul Ahkam, Juz 1 hal. 77
  5. Dan lain-lain

Pertanyaan semacam ini telah dibahas di FMP3 se-Jawa Timur. Untuk melihat jawaban lengkapnya bisa klik “Download Hasil Bahtsul Masail“.