Jelaskan Pengertian Gotong Royong, Manfaat dan Contohnya!

pengertian gotong royong dan contohnya

 Jelaskan Pengertian Gotong Royong – Gotong royong adalah istilah Bahasa Indonesia untuk sebuah kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama demi tercapainya suatu hasil yang diinginkan. Jadi, gotong royong merupakan kegiatan yang dilakukan secara sukarela bersama-bersama dengan tujuan untuk memperlancar suatu pekerjaan agar menjadi lebih mudah dan ringan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gotong royong berarti bekerja bersama-sama (tolong-menolong, bahu-membahu, bantu-membantu).

Kegiatan gotong royong sudah dikenal lama oleh warga Negara Indonesia. Dalam kehidupan bermasyarakat, setiap warga tak lepas dari kegiatan tersebut.

Gotong royong bisa dibilang merupakan kegiatan yang menjadi salah satu ciri khas Bangsa Indonesia. Bahkan kegiatan gotong royong yang dimiliki Bangsa Indonesia diyakini telah ada sejak dahulu kala.

Hal tersebut yang membuat gotong royong dianggap sebagai adat budaya dan kepribadian yang telah mengakar dalam kehidupan Bangsa Indonesia.

Perilaku bermasyarakat dalam gotong royong perlu ditanamkan pada setiap elemen atau lapisan masyarakat yang ada di Indonesia. Adanya kesadaran setiap elemen masyarakat dalam menjalankan kegiatan gotong royong bisa menjadikan hubungan persaudaraan antar warga semakin erat.

Di sisi lain, agar lebih mudah memahami apa arti gotong royong, bisa membaca pengertian gotong royong menurut para ahli.

Berikut ini penjelasan dan pengertian gotong royong menurut para ahli beserta nilai-nilai yang terkandung dalam kegiatan gotong royong, seperti dikutip dari laman Yuksinau.

Pengertian Gotong Royong dan Contohnya

Contoh gotong royong
Anggota Pramuka bergotong royong memunguti sampah di aliran sungai saat kegiatan Bebersih Ciliwung di Yayasan Bambu Indonesia, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Minggu (23/6/2019). Kegiatan gotong royong dalam gambar ini digelar oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). (merdeka.com/Arie Basuki)

Contoh gotong royong adalah:

Anggota Pramuka bergotong royong memunguti sampah di aliran sungai saat kegiatan Bebersih Ciliwung di Yayasan Bambu Indonesia, Cibinong, Bogor, Jawa Barat

Pengertian Gotong Royong Menurut Para Ahli

1. Koenjaraningrat

Pengertian gotong royong menurut Koenjaraningrat, yakni suatu konsep mutualisme yang memiliki keterkaitan yang kuat dengan kehidupan masyarakat sebagai petani pada masyarakat agraris.

Gotong royong merupakan suatu metode pengerahan tenaga tambahan yang diambil dari luar keluarga sebagai bentuk mengisi kekurangan dalam sebuah aktifitas produksi bercocok tanam.

2. Pujiwati Sakjoyo dan Sakjoyo

Sakjoyo dan Pujiwati Sakjoyo menjelaskan bahwa konsep gotong royong merupakan sebuah adat istiadat saling bahu membahu antara warga dalam berbagai macam lapangan aktivitas sosial, baik saling membantu yang didasari sebuah hubungan tetangga kekerabatan yang berdasarkan efisiensi kepraktisan dan ada pula aktifitas kerja sama yang lain.

3. Mubyarto

Gotong Royong menurut Mubyarto adalah satu kegiatan yang dilakukan secara bersama untuk mencapai tujuan bersama.

Unsur Unsur Gotong Royong

Ilustrasi contoh gotong royong: Pixabay
Ilustrasi contoh gotong royong: Pixabay
  • Kesatuan
  • Kepedulian
  • Kebersamaan
  • Kekeluargaan
  • Kerukunan

Tujuan dan Manfaat Gotong Royong

Tujuan Gotong Royong

  • Mengajak setiap individu untuk bekerja sama bantu-membantu dalam upaya memecahkan suatu permasalahan ataupun menjaga kebersihan lingkungan.
  • Menguatkan tali persaudaraan dan juga kebersamaan antar warga.
  • Membentuk kekompakan warga serta menanamkan saling kenal satu sama lain.
  • Meringankan suatu pekerjaan yang berat.
  • Mempererat persatuan dan kesatuan warga.
  • Menghemat pengeluaran.
  • Mempercepat pekerjaan yang dilakukan.

Manfaat Gotong Royong

  • Menjaga kebersihan lingkungan dan kenyamanan.
  • Menguatkan rasa solidaritas antarsesama warga.
  • Menjaga kehidupan bermasyarakat menjadi lebih baik.
  • Lebih hemat pengeluaran dalam kegiatan yang memerlukan biaya besar.
  • Pekerjaan dapat diselesaikan dengan lebih cepat.
  • Mempererat tali persaudaraan dan juga kebersamaan sesama warga.
  • Menciptakan lingkungan yang aman.
  • Menciptakan kententraman dan kenyamanan antarwarga.
  • Gotong royong tidak mengenal perbedaan status sosial sehingga ketika gorong royong dilakukan, maka semua orang akan merasa sama derajatnya.

Karakteristik Gotong Royong

Warga Pangandaran gotong royong perbaiki jembatan gantung (Foto: Faizal Amiruddin)
Warga Pangandaran gotong royong perbaiki jembatan gantung (Foto: Detik.com/Faizal Amiruddin)

1. Menjadi karaker unggulan, dan dasar Bangsa Indonesia yang hampir tidak dimiliki bangsa lain.

2. Adanya rasa kebersamaan dalam setiap kegiatan warga yang dilakukan. Sebagai bahan pertimbangan bahwasanya nilai-nilai kebersamaan yang selama ini tertanam, perlu senantiasa dijunjung tinggi juga dilestarikan agar tidak memudar seiring waktu berlalu.

3. Memiliki nilai luhur dalam kehidupan bermasyarakat.

4. Memandang tinggi nilai-nilai kemanusiaan karena di dalam bergotong-royong, setiap pekerjaan dilakukan secara bersama-sama tanpa memedulikan kedudukan ataupun status seseorang, tetapi memandang keterlibatan dalam suatu proses pekerjaan.

5. Mengandung arti saling membantu yang dilakukan demi kehidupan bermasyarakat yang rukun dan bahagia.

6. Suatu kegiatan yang dilakukan dalam dorongan kemanusiaan dan kebersamaan tanpa mengharapkan imbalan apapun demi terlaksananya tujuan bersama.

Faktor dan Nilai yang Terkandung dalam Gotong Royong

Faktot-Faktor Pendorong

  • Manusia merupakan makhluk sosial.
  • Keikhlasan dalam berpartisipasi serta kebersamaan atau persatuan.
  • Kesadaran saling bantu serta memprioritaskan kepentingan warga secara umum.
  • Pemenuhan sebuah kesejahteraan masyarakat.
  • Usaha pembauran dan integrasi atau penyatuan kepentingan pribadi dengan kepentingan orang lain.

Nilai-Nilai yang Terkandung dalam Gotong Royong

1. Kebersamaan: gotong royong secara tidak langsung menunjukkan kerukunan dan kebersamaan yang tumbuh dalam lingkungan masyarakat.

2. Persatuan: jalinan kebersamaan warga dalam kegiatan gotong royong sekaligus melahirkan persatuan antar warga masyarakat.

3. Rela Berkorban: gotong royong mengajari setiap individu warga untuk empati dan rela berkorban. Sehingga dalam bergotong royong banyak yang mengorbankan waktu, tenaga, pemikiran, hingga uang.

4. Tolong Menolong: gotong royong mendorong masyarakat untuk saling bahu-membahu dalam menolong satu sama lain.

5. Sosialisasi: gotong royong dapat menjadikan manusia kembali tersadar bahwa dirinya adalah makhluk sosial yang memerlukan bantuan orang lain.

Demikianlah jawaban dari pertanyaan “Jelaskan Pengertian Gotong Royong”. Semoga bermanfaat!

Referensi:

Yuksinau.id


Pencarian Terkait:

pengertian tolong menolong