7 Keutamaan Puasa Ramadhan dan Dalilnya

7 Keutamaan Puasa Ramadhan dan Dalilnya

Puasa Ramadhan adalah amal ibadah spesial bagi semua umat Muslim. Ada banyak keutamaan puasa Ramadhan yang sayang jika dilewatkan begitu saja tanpa persiapan yang baik.

Meski mengetahui keutamaan dan hikmah puasa Ramadhan dapat membangkitkan semangat kita dalam menjalankan puasa, namun tak kalah pentingnya kita memahami dengan sungguh-sungguh tentang rukun puasa dan hal yang membatalkan puasa.

Puasa Ramadhan dilakukan selama sebulan dalam 1 tahun sekali, karena itu banyak yang menjadikan bulan Ramadhan sebagai waktu untuk melatih perbaikan diri.

Selama bulan Ramadhan, seseorang akan belajar banyak tentang kesabaran, empati, pengendalian diri, berbagi kebaikan, dan beragam perilaku positif lain.

Ini tidak hanya baik untuk terapi pengembangan diri, tapi juga menyebabkan kita diganjar dengan pahala dan keberkahan yang tak terhingga.

Sehingga jika -amalan tersebut terbangun menjadi kebiasaan, bukan tidak mungkin jika kita bisa melakukannya di bulan-bulan lainnya. Karena keutamaan bulan Ramadhan ini, tak sedikit yang berhasil mendapatkan berkah dan fadhilah puasa Ramadhan.

Keutamaan Puasa Ramadhan

Keutamaan orang yang berpuasa Ramadhan meliputi hubungan spiritual antara seorang hamba dengan Rabbnya dan hubungan sosial antar sesama. Diantaranya adalah:

1. Sabar

Dalam Hasyiyah Bujairami Ala Syarhil Manhaj, sabar adalah mengendalikan diri ketika mengalami sesuatu yang tidak disukai atau tidak mendapatkan apa yang disenangi.

Dan macam-macam sabar ada 3:

  1. Sabar menjalankan ibadah
  2. Sabar meninggalkan larangan Allah
  3. Sabar dalam menghadapi pahitnya takdir Allah

Dari ketiga macam sabar di atas, semuanya pasti akan dilalui oleh orang yang berpuasa. Karena dia harus mengendalikan diri untuk tetap taat kepada Allah dengan menjalankan puasanya, tetap bersabar dalam menjauhi perkara yang membatalkan serta rela dengan ketentuan Allah dikala lapar dan lemas.

Karena alasan ini dalam sebuah hadits, Nabi ﷺ menamakan bulan Ramadhan sebagai “bulan kesabaran”.

2. Pahala amal dilipat gandakan

Selain pahala puasa Ramadhan yang didapatkan, keutamaan orang yang berpuasa di bulan Ramadhan akan mendapatkan seluruh amal ibadahnya dilipat gandakan oleh Allah.

Hal ini berdasarkan hadits:

أن عمل الصائم مضاعف

Artinya: sesungguhnya amal ibadah orang yang berpuasa dilipatgandakan.

Dalam hadits lain Nabi ﷺ bersabda:

وفي الترمذي عن أنس: سئل النبي ﷺ أي الصدقة أفضل؟ قال: “صدقة في رمضان”

Artinya: Nabi ﷺ ditanya, “Macam mana sedekah yang paling utama?” Nabi ﷺ menjawab “sedekah di bulan Ramadhan.”

Bahkan umrah di bulan Ramadhan pahalanya sebanding dengan haji. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam Shahih Bukhari dan Muslim.

3. Terapi mental dan hati

Ketika seseorang kenyang dan selalu mengikuti keinginan nafsunya, ia sangat mudah terjerat godaan syetan dan terjerumus dalam pelampiasan syahwat.

Dalam kondisi ini hatinya menjadi gelap dan buta sehingga ia akan lalai dalam mengingat atau kepada Allah.

Lain halnya jika dalam keadaan lapar. Orang lapar cenderung memiliki hati yang terang dan perasaan yang peka sehingga dia lebih toleran dan memiliki yang tinggi terhadap orang-orang lemah atau dhuafa’.

Selain itu, hati yang bercahaya akan mendorong seseorang lebih intens dalam berdzikir kepada Allah serta tafakkur. Karena alasan ini, banyak sekali guru-guru yang melatih murid-muridnya dengan cara riyadhoh puasa.

4. Mudah bersyukur

Keutamaan Puasa Ramadhan
Sampah makanan

Korelasi antara bersyukur dengan keutamaan puasa Ramadhan adalah pada umumnya kekayaan atau kenikmatan yang kita dapatkan baru kita sadari saat kita telah kehilangan.

Dengan berpuasa, orang-orang kaya yang sering membuang makanan mereka diharapkan akan menjalani pembelajaran nafsu dan merasakan langsung bagaimana rasanya tubuh yang lemas sebab dahaga dan lapar yang seringkali dialami orang-orang fakir.

Hal ini akan mendorong rasa syukur atas nikmat yang sebelumnya tidak disadari. Hingga jiwa spiritual mereka pun terbangun, dan ego yang dulunya sama sekali tanpa empati menjadi berkurang dan semakin menyadari pentingnya berbagi kepada saudara yang membutuhkan.

5. Mempersempit peluang syetan

Dalam sebuah hadits dijelaskan bahwa sesungguhnya syetan berjalan dalam tubuh manusia melalui sel-sel darah.

Dengan berpuasa aliran darah akan menyempit sehingga peluang syetan mengganggu pun semakin berkurang.

Karena alasan ini pula Rasulullah ﷺ memerintahkan para jomblo yang belum mampu menikah untuk berpuasa.

6. Mendapat 2 kebahagiaan

Fadhilah puasa Ramadhan selanjutnya yaitu ia akan mengalami suka cita saat melakukan iftar dan juga akan menuai lagi hasil pahala puasa Ramadhannya kelak di akhirat. Nabi ﷺ bersabda:

وللصائم فرحتان: فرحة عند فطره وفرحة عند لقاء ربه

Artinya: orang berpuasa mendapat dua kebahagiaan. Bahagia ketika iftar dan bahagia saat menghadap Rabbnya.

7. Tidurnya orang puasa adalah ibadah

Dalam sebuah hadits marfu’ dijelaskan bahwa:

نوم الصائم عبادة

Artinya: tidurnya orang puasa adalah ibadah

Abu Aliyah juga menyampaikan sebuah penjelasan tentang keutamaan puasa Ramadhan yang hampir sama dengan hadits di atas, beliau berkata:

الصائم في عبادة ما لم يغتب أحدا وإن كان نائما على فراشه

Artinya: orang yang puasa senantiasa menjalankan ibadah, selama ia tidak melakukan meskipun dia tidur di ranjangnya.

Perlu diingat, keutamaan dan hikmah puasa Ramadhan akan kita raih jika saat berpuasa kita tidak hanya meninggalkan makan, minum dan perkara-perkara yang membatalkan puasa.

Namun kita juga harus berperilaku Ihsan kepada Allah dan sesama dengan menjauhi dan meninggalkan segala larangan Allah seperti ghibah dan menyakiti tetangga. Nabi ﷺ bersabda:

مَنْ لَمْ يَدَعْ قَوْلَ الزُّورِ وَالْعَمَلَ بِهِ فَلَيْسَ لِلَّهِ حَاجَةٌ فِى أَنْ يَدَعَ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ

Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta justru melakukannya, maka Allah tidak butuh dari rasa lapar dan haus yang dia tahan.” (HR. Bukhari no. 1903).

Demikian artikel tentang 7 keutamaan puasa Ramadhan dan dalilnya yang kami rangkum dari kitab Lathoiful Ma’arif karya Ibnu Rajab al Hanbali.

Tinggalkan Komentar
Posting Terbaru

Related Articles

Related