10 Keutamaan Silaturahmi Dalam Islam dan Dalilnya

10 Keutamaan Silaturahmi Dalam Islam dan Dalilnya

Silaturahim atau silaturrahmi bisa juga diartikan sebagai bentuk jalinan ikatan persaudaraan yang baik antar sesama kerabat dan juga sanak keluarga meski terdapat perbedaan agama.

Silaturahmi bisa dilakukan dengan cara mengunjungi mereka atau membantu mereka yang membutuhkan agar ikatan persaudaraan semakin erat.

Ayat al Quran tentang silaturahmi difirmankan dalam Surat An Nisa ayat 1.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ ٱتَّقُواْ رَبَّكُمُ ٱلَّذِي خَلَقَكُم مِّن نَّفۡسٖ وَٰحِدَةٖ وَخَلَقَ مِنۡهَا زَوۡجَهَا وَبَثَّ مِنۡهُمَا رِجَالٗا كَثِيرٗا وَنِسَآءٗۚ وَٱتَّقُواْ ٱللَّهَ ٱلَّذِي تَسَآءَلُونَ بِهِۦ وَٱلۡأَرۡحَامَۚ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ عَلَيۡكُمۡ رَقِيبٗا

Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu (Adam), dan (Allah) menciptakan pasangannya (Hawa) dari (diri)nya; dan dari keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Bertakwalah kepada Allah yang dengan nama-Nya kamu saling meminta, dan (peliharalah) hubungan kekeluargaan. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasimu.

Selain ayat tentang silaturahmi, banyak juga hadits tentang silaturahmi.

Keutamaan Silaturahmi

Banyaknya dasar landasan dalil tentang keutamaan silaturahmi yang saling menguatkan membuat Abu Laits as Samarqand dalam kitab Tanbihul Ghofilin menjelaskan tentang keutamaan dan manfaat silaturahmi. Berikut ini penjelasannya:

واعلم بأن في صلة الرحم عشر خصال محمودة، أولها أن فيها رضا الله تعالى، لأنه أمر بصلة الرحم.
والثاني: إدخال السرور عليهم.
وقد روي في الخبر أن أفضل الأعمال إدخال السرور على المؤمن.
والثالث أن فيها فرح الملائكة لأنهم يفرحون بصلة الرحم.
والرابع أن فيها حسن الثناء من المسلمين عليه.
والخامس أن فيها إدخال الغم على إبليس عليه اللعنة، والسادس: زيادة في العمر.
والسابع: بركة في الرزق.
والثامن: سرور الأموات.
لأن الآباء والأجداد يسرون بصلة الرحم والقرابة.
والتاسع: زيادة في المودة، لأنه إذا وقع له سبب من السرور والحزن يجتمعون إليه ويعينونه على ذلك، فيكون له زيادة في المودة.
والعاشر: زيادة الأجر بعد موته لأنهم يدعون له بعد موته كلما ذكروا إحسانه.

Artinya: Ketahuilah! Bahwa dalam silaturrahim terdapat 10 keutamaan.

1. Mendapat ridlo Allah

Hal ini dikarenakan Allah telah memerintahkannya dalam Al Quran sebagaimana ayat di atas

2. Membahagiakan sanak famili

Keutamaan silaturahmi yang kedua yaitu bisa menyenangkan kerabat yang kita jalin persaudaraan. Hal ini sangatlah dianjurkan, berdasarkan sebuah riwayat hadits yang menjelaskan bahwa amalan-amalan terbaik adalah membahagiakan orang-orang mu’min.

3. Silaturahmi membahagiakan malaikat

Hikmah silaturahmi yang ketiga yaitu membahagiakan malaikat, karena mereka senang dengan orang mu’min yang saling menjalin persaudaraan.

4. Orang yang silaturahim dicintai dan dipuji

Manfaat silaturahmi dan silaturahim yang ke-4 membuat pelakunya dicintai kaum muslimin dan mendapatkan pujian. Karena sebagaimana dijelaskan di atas bahwa silaturahmi dapat menjadi sarana untuk berbuat Ihsan pada sesama makhluk terutama kerabat.

5. Silaturrahim dapat menyusahkan Iblis

Manfaat dan keutamaan silaturrahmi juga bisa membuat Iblis marah. karena iblis sangat suka dengan permusuhan atau perpecahan sesama muslim dan membenci persatuan umat Islam.

6. Silaturrahim dapat memperpanjang umur

Hal ini berdasarkan hadits tentang silaturahmi yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim.

7. Silaturahmi mempermudah rezeki dan menjadikan berkah

Manfaat silaturahmi yang ke-7 yaitu mempermudah rezeki dan membuatnya semakin berkah, berdasarkan hadist silaturahmi

“Barangsiapa yang menginginkan dilapangkannya rezeki dan ditunda ajalnya (dipanjangkan usianya) maka bersilaturahimlah” (HR. Bukhari dan Muslim)

8. Membahagiakan leluhur yang telah meninggal

Karena dengan menjalin tali silaturahmi orangtua dan leluhur kita akan bahagia melihat keturunannya saling menjaga ikatan keluarga.

9. Silaturahim menumbuhkan kasih sayang

Karena saat antar kerabat berkumpul dan saling sharing masalah suka duka mereka, niscaya mereka akan saling support sehingga kasih sayang antar kerabat bisa tumbuh dengan baik.

10. Menambah pahala setelah kematian

Karena ikatan persaudaraan dan tali silaturahmi yang kita bangun di kala hidup, membuat kerabat kita akan mendoakan tiap kali mereka mengingat kebaikan kita.

Itulah 10 Keutamaan Silaturahmi Dalam Islam dan Dalilnya. Dengan demikian jangan menunggu lebaran jika mau bersilaturrahim. Karena melalui menyambung silaturahim kita akan mendapatkan keuntungan yang sangat banyak, baik itu yang berhubungan dengan duniawi atau ukhrowi.

Tinggalkan Komentar
Posting Terbaru

Related Articles

Related