Maag Sering Kambuh

Makanan penyebab sakit maag: Pixabay

Maag Sering Kambuh – Pada penderita sakit maag, kambuh secara mendadak menjadi hal wajar. Apalagi bagi kalian yang tak menjaga pola makan secara teratur. Karena pada dasarnya, sakit maag tak boleh yang namanya telat makan. Makan sedikit terasa kenyang, makan banyak terasa sakit. Intinya pola makan harus benar – benar dijaga. Makan sedikit tapi sering menjadi solusi agar perut tak terasa sakit. Maag sering kambuh, tentu akan terasa sangat mengganggu apalagi pada saat jam kerja. Pastinya aktivitas harian kalian menjadi terganggu.

Baca juga: Maag disebabkan oleh

Penyebab Sakit Maag Kambuh Paling Umum Terjadi

Kenapa sakit maag sering kambuh? Banyak sebab yang memicu kambuhnya sakit maag dan itu harus kalian hindari. Apa saja penyebabnya?

1.Tak Mau Mengontrol Asupan Makanan yang Dikonsumsi

Makan sembarangan dan dalam jumlah banyak, akan membuat lambung kalian kaget sehingga kelelahan. Kinerja lambung yang kurang maksimal akan memicu timbulnya rasa sakit. Ditambah lagi, makanan yang dikonsumsi adalah hasil dari jajan sembarangan dan tak dikontrol dengan baik. Resiko maag kambuh akan jauh lebih besar terjadi.

2.Jarang Konsumsi Sayur dan Buah

Makan makanan dengan tekstur kering dan rendah serat, juga mampu menjadi penyumbang besar terjadinya rasa sakit pada lambung. Buat kalian yang tidak suka sayur dan buah, pilihlah makanan yang tinggi serat. Usahakan untuk makan makanan berkuah dan tidak kering.

3.Mengkonsumsi Makanan Pemicu Produksi Asam Lambung

Jangan lupa untuk menghindari makanan yang menimbulkan gas dan pemicu bertambahnya produksi asam lambung. Makanan pemicu produksi asam lambung antara lain seperti gorengan, susu, keju, tomat, es krim, nanas, jeruk, coklat, kopi, teh, soda dan lain sebagainya.

Pertolongan Paling Tepat Saat Maag Kambuh

Sakit maag kambuh di saat yang kurang tepat bisa jadi membuat banyak orang repot dan bingung. Terlebih lagi jika sampai jatuh tersungkur dan teriak kesakitan. Ada beberapa pertolongan paling tepat yang bisa kalian lakukan saat maag kambuh, apa saja itu? Pastikan kalian menyimaknya sampai selesai.

1.Segera Konsumsi Obat Maag

Buat kalian yang menderita sakit maag, ada baiknya untuk selalu sedia obat maag di dalam tas kalian. Pastikan setiap kalian pergi kerja atau pergi kemana saja membawa obat maag untuk jaga – jaga disaat darurat. Karena sakit maag bisa datang kapan saja secara mendadak. Setidaknya bisa mengurangi rasa sakit sementara karena produksi asam lambung menjadi terhambat. Selanjutnya kalian bisa segera datang ke dokter.

2.Konsumsi Air Putih

Disaat darurat, kalian juga bisa mengkonsumsi air putih sebagai pertolongan pertama. Gejolak asam lambung sementara bisa tertahan beberapa menit setelah minum. Tapi jangan terlalu banyak, karena perut akan menjadi kembung. Selanjutnya, kalian bisa berikan pertolongan lebih lanjut.

3.Konsumsi Air Kelapa

Kalian bisa konsumsi air kelapa saat sedang darurat. Agar tak repot, bawa air kelapa dalam kemasan yang banyak dijual di supermarket. Setidaknya 1 cup cukup untuk memberikan pertolongan pertama saat maag kambuh.

4.Kelola Stres dengan Baik

Saat sibuk bekerja, rasa penat dan stres terkadang muncul tiba – tiba. Apalagi jika pekerjaan menumpuk dan dikejar deadline, rasa stres akan semakin meningkat. Pikiran yang stres seringkali menjadi pemicu kambuhnya sakit maag. Saat sakit maag kambuh, kalian bisa istirahat sejenak untuk merefresh pikiran agar kembali stabil dan tenang. Dengan demikian, sakit maag pun akan segera menghilang.

Memahami dengan baik, bagaimana memberikan pertolongan saat sakit maag tiba – tiba datang, akan sangat bermanfaat bagi diri kalian sendiri atau bahkan teman kalian yang tak memahaminya.

Referensi :

Sehatq.com

Halodoc.com

Halosehat.com