Makanan Untuk Gusi Bengkak

makanan untuk gusi bengkak

Makanan Untuk Gusi Bengkak – Gusi bengkak merupakan salah satu gangguan mulut yang seringkali dialami oleh banyak orang. Pembengkakan gusi ini bisa menyerang seseorang karena berbagai faktor; mulai dari penumpukan plak pada gigi, gigi berlubang, atau karena kekurangan asupan vitamin.

Meski terlihat sepele, namun rasa ngilu yang diakibatkan cukup terasa mengganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi, saat digunakan mengunyah makanan. Tak perlu khawatir, ternyata ada beberapa jenis makanan yang berkhasiat membantu meredakan gusi bengkak, lho.

Kandungan nutrisi di dalamnya juga mampu untuk melawan peradangan yang terjadi pada gusi. Apa saja itu? Yuk, simak ulasannya berikut ini:

  1. Kacang-kacangan
Ilustrasi kacang macadamia
Ilustrasi kacang macadamia Foto: pexels

Saat gusi Anda bengkak, cobalah Anda konsumsi kacang macadamia, pistachio, atau wijen yang kaya akan omega-3. Komponen tersebut bermanfaat sebagai anti inflamasi dan juga mampu melawan gangguan pada gusi. Tak cuma itu, kacang-kacangan juga menjadi sumber nutrisi yang baik bagi tubuh.

  1. Ikan salmon
Lemak ikan salmon
Lemak ikan salmon Foto: Pexels

Dilansir Ask The Dentist, jenis ikan seperti salmon dan makarel merupakan sumber nutrisi yang baik dan kaya akan omega-3. Bukan cuma itu saja, kandungan minyak di dalam salmon juga bermanfaat sebagai anti inflamasi dan sangat bagus untuk sistem imun tubuh.

  1. Ayam
Makanan Untuk Gusi Bengkak
Ilustrasi Daging Ayam Foto: Shutterstock/Natasha Breen

Beberapa penelitian membuktikan, kekurangan co-enzyme Q10 (CoQ10) berpotensi meningkatkan risiko timbulnya berbagai gangguan pada gusi. Untuk meningkatkan asupan CoQ10, Anda bisa atasi dengan mengkonsumsi daging ayam.

Selain kaya akan CoQ10, kandungan kolagen pada daging ayam juga sama-sama efektif melawan penyakit pada gusi. Jangan lupa, konsumsi juga bagian kulitnya yang paling banyak mengandung kolagen.

  1. Brokoli
Makanan Untuk Gusi Bengkak
Brokoli Foto: Pexels

kandungan vitamin C pada brokoli bermanfaat sebagai antioksidan pada tubuh. Vitamin C ini dapat berkhasiat mengatasi gusi bengkak. Selain itu, beragam nutrisi lainnya dalam brokoli juga bisa Anda dapatkan; mulai dari vitamin B1, magnesium, besi, kalsoun, niacin, dan selenium.

  1. Ubi
5 Makanan untuk Meredakan Gusi Bengkak
biji salak ubi Foto: Shutterstock

Umbi-umbian yang satu ini memiliki kandungan nutrisi penting untuk mengatasi gusi bengkak, yaitu beta karoten. Nutrisi tersebut dapat mengurangi inflamasi dan menyediakan elemen-elemen penting untuk membentuk vitamin A. Selain itu, ubi juga memiliki kandungan vitamin C, vitamin B6, dan juga mangan yang tak kalah tinggi.

About Author

Silvia

Santri Ponpes Hikmatun Najiyah, saat ini kuliah di jurusan Farmasi. Selain rebahan saat ini biasa menulis di Nyaut Portal.

Posting Terbaru

Related Articles

Related