Kunci Sukses 6M Dalam Manajemen Bisnis, Apa Itu?

Manajemen bisnis: Pexels

Banyak orang percaya bahwa salah satu kunci terbesar ketika kita hendak menjalankan sebuah manajemen bisnis usaha adalah dengan menerapkan prinsip 6M. Tapi tahukah kamu apa yang dimaksud dengan 6M tersebut? Mari kita ulas satu persatu.

6M Kunci Sukses Manajemen Bisnis

Menjadi seorang wirausahawan adalah dambaan kebanyakan orang, salah satu alasannya karena pekerjaan ini sangatlah fleksibel, bisa dilakukan oleh orang tua, dewasa, remaja, bahkan anak kecilpun dapat menjadi seorang wirausaha. Nah, tentunya dalam menjadi seorang wirausaha harus mempunyai semangat dan mental yang tinggi, agar tidak cepat putus asa.  Ada 6 unsur manajemen yang perlu kamu perhatikan dalam menyusun bisnis, antara lain:

  1. Main (ide / tujuan)

Apapun bisnis yang akan kamu lakukan, pastikan tujuan dari bisnis tersebut jelas. Sehingga tidak ricuh dalam menjalankannya. Oleh karena itu, sebelum menjalankan bisnis, sebagai pengembang kamu harus mempunyai ide yang realistis dan masuk akal. Agar kegiatannya dapat mudah dipahami dan berjalan sesuai tujuan yang ditetapkan, misalnya dengan membuat blue print bisnis. Agar tertanam jelas visi dan misi kamu dan hal apa saja yang harus kamu lakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

  1. Man (Manusia)

Manusia merupakan faktor penting dalam bisnis, karena tanpa manusia bisnis tidak akan berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, dalam melakukan rekruitmen  pegawai harus dapat menyeleksi dengan benar dan sesuai. Hal ini dapat kamu lakukan dengan melihat latar belakang pendidikan, umur, keterampilan, komptensi, bakat ataupun pengetahuan dan lain sebagainya yang dapat dibuktikan secara resmi, misalnya memiliki sertifikat keterampilan atau ijazah.

  1. Money (Uang)

Anggarkanlah semua yang kamu perlukan dalam melakukan bisnis. Karena jika kamu lalai sedikitpun, maka perhitungan keuangan bisnis kamu menjadi bias dan tidak jelas. Oleh karenanya, buatlah laporan keuangan seitap bulannya untuk mengukur dan menentukan seberapa besar jumlah uang yang akan dibutuhkan di waktu mendatang serta sudah kembalikah modal bisnis utama kamu?

  1. Method (cara yang dilakukan)

Metode atau cara yang dilakukan untuk menjaga eksistensi bisnis ini juga sangat penting. Misalnya dengan menjaga kualitas produk dari bisnis yang dijalani dengan memberikan pelayanan prima dan membuat produk dengan bahan-bahan yang bagus. Jika hal ini dapat kamu lakukan, tidak menutup kemungkinan akan ada banyak pelanggan yang loyal pada produkmu.

  1. Machine (alat yang digunakan)

Alat yang dibutuhkan atau digunakan juga menjadi pertimbangan penting, Hendaknya kamu dapat memilih dengan tepat mana alat atau mesin yang memang benar-benar menunjang bisnis yang akan kamu jalani. Oleh karena itu, buatlah skala prioritas mengenai kebutuhan alat sebelum kamu membeli atau melakukan pengadaan untuk mengoperasikan bisnis kamu guys.

  1. Market (pasar)

Melakukan strategi pemasaran yang baik pada bisnis akan menciptakan kemungkinan peluang yang baik pula pada kesuksesan bisnis nantinya. Karena kegiatan pemasaran ini sangatlah penting dalam mengenalkan produk baik barang ataupun jasa   kamu di kalangan masyarakat. Pastikan bahwa kamu dapat melakukan strategi pemasaran dengan mempertimbangkan biaya, promosi produk, tempat, target dan lainnya dengan tepat yah.

Yups itulah beberapa kunci sukses kamu dalam menjalankan manajemen bisnis yang biasa dikenal dengan 6m dalam wirausaha. Kira-kira sudah berapa persen kamu menjalankanya ya? Jangan lupa dalam setiap bisnis selalu ada faktor lucky atau keberuntungan. Jadi teruslah berdoa atau baca tips cara melancarkan rezeki menurut islam semoga kamu selalu beruntung.

Posting Terbaru

Related Articles

Related

Enable referrer and click cookie to search for pro webber