Manfaat Wortel Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Ibu Hamil

July 24, 2022 7:47 pm

Manfaat wortel sangat beragam khasiatnya, tidak hanya untuk kesehatan tapi juga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan lain termasuk masker kecantikan, baik itu diolah sebagai parutan wortel, jus ataupun dimakan mentah.

Sayuran wortel merupakan jenis sayuran yang sangat berkhasiat. Wortel yang secara umum diketahui sebagai sumber vitamin A, ternyata memiliki segudang manfaat lain. Tentu saja apabila sayuran dengan warna oranye ini, dikonsumsi secara rutin.

Sama seperti manfaat buah dan sayuran pada umumnya, manfaat wortel ini juga sangat banyak untuk kesehatan tubuh, dan juga kulit manusia.

Sebelum menyimak berbagai manfaat dan khasiat wortel, ada baiknya mengetahui berbagai kandungan nutrisi yang terdapat di dalam wortel.

Kandungan Wortel

Menurut dpertemen pertanian Amerika, satu wortel berukuran sedang atau ½ cangkir parutan wortel cincang dapat dianggap sebagai satu porsi. Kandungan wortel satu porsi terdapat 25 kalori, 6 gram karbohidrat, 3 gram gula dan 1 gram protein.

Wortel kaya akan vitamin A

Wortel adalah sayuran yang paling kaya akan vitamin A, yang menyediakan sekitar 210% dari kebutuhan orang dewasa per hari. Wortel juga memiliki kandungan 6% dari kebutuhan vitamin C, 2% dari kebutuhan kalsium dan 2% dari kebutuhan zat besi per porsinya.

Antioksidan

Sayuran ini juga mengandung antioksidan beta-karoten yang menjadikan wortel memiliki warna oranye yang cukup terang. Beta-karoten ini akan diserap dalam usus dan diubah menjadi vitamin A selama proses pencernaan.

Kandungan Vitamin dan Mineral

Wortel merupapakan sayuran yang sangat super. Karena wortel mengandung vitamin K, kalium, folat, mangan, serat, fosfor, magnesium, vitamin E dan seng yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Selain bernutrisi tinggi, tentu wortel juga menjadi sumber kesehatan terpercaya, lalu apa saja manfaat wortel untuk kesehatan?

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

  1. Mengurangi Resiko Kanker

Manfaat dari wortel adalah mengurangi resiko kanker. Hal ini disebabkan kandungan hidrat arang, fosfor, beta karoten yang menjadikannya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan beta karoten dalam wortel, dipercaya ampuh untuk mencegah tubuh dari serangan  kanker.  Penelitian menunjukkan, orang yang mengkonsumsi sayuran ini 2 kali sehari, dapat menurunkan 17 % resiko penyakit kanker payudara.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa sayuran wortel ini dapat mengurangi risiko kanker paru-paru, kanker payudara dan kanker usus besar. Peneliti menemukan adanya zat falcarinol dan falcarindiol dalam wortel yang merupakan zat antikanker.

Falcarinol adalah pestisida alami yang dihasilkan oleh wortel yang melindungi akar dari penyakit jamur. Wortel menjadi salah satu sumber sayuran yang memiliki zat ini.

  1. Menekan Resiko Penyakit Jantung

Mengkonsumsi 6 buah wortel dalam seminggu, menurut sebuah penilitian uneversitas Harvard baru-baru ini, berpotensi mengurangi resiko kolesterol jahat dalam tubuh, yang dapat menekan resiko penyakit jantung. Zat antioksidan dalam wortel juga disebut membantu menurunkan tekanan darah tinggi, yang dapat memicu penyakit jantung.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Manusia

Sistem imun tubuh seseorang dapat diperkuat dengan konsumsi wortel secara rutin. Berdasarkan penelitian yang menunjukkan memakan wortel yang dicampur dengan ketumbar, dapat mencegah virus-virus berbahaya menyerang tubuh. Campurlah sedikit ketumbar dalam sup wortel untuk mengkonsumsinya dengan bersamaan. Selain itu wortel juga mengandung antioksidan, dan manfaat antioksidan dikenal sangat penting untuk menjaga dan membuang radikal bebas.

  1. Mencegah Stroke

Studi yang dilakukan di Harvard menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi 6 wortel satu minggu, lebih dapat menekan resiko penyakit stroke di bandingkan dengan orang yang hanya mengkonsumsi 1 buah per bulan.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan wortel kaya akan beta-karoten, yang diubah menjadi vitamin A dalam hati. Vitamin A ditransformasikan dalam retina, untuk rhodopsin, pigmen ungu yang diperlukan dalam mempertajam pengelihatan di malam hari.

Related Post

Beta-karoten juga dapat melindungi dari degenerasi makula dan katarak yang menjadi salah satu masalah kesehatan mata yang sering terjadi pada orang tua. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang sering mengkonsumsi beta-karoten memiliki risiko 40% lebih rendah dari degenerasi makula dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya.

  1. Kesehatan Ginjal

Manfaat jus wortel sangat membantu untuk membersihkan dan menyaring ginjal. Namun, para ahli mengatakan bahwa orang-orang dengan penyakit gagal ginjal tidak boleh minum jus. Karena itu konsultasikan terlebih dulu pada tim medis Anda agar mendapatkan manfaat jus wortel untuk menjaga kesehatan ginjal.

Manfaat Wortel Untuk Kulit dan Kecantikan

Selain khasiat wortel sangat baik untuk kesehatan ternyata juga memiliki manfaat untuk kecantikan dan kulit manusia, apa saja manfaat?

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat wortel untuk kecantikan kulit terletak pada kandungan vitamin A dan kandungan zat-zat pendukung lainnya, yamg mampu menjaga agar kulit tubuh tetap cantik dan bersinar. Wortel dapat menghilangkan noda hitam pada kulit, akibat pigmentasi.

Cara agar mendapatkan khasiat wortel untuk wajah bisa langsung dikonsumsi mentah atau dibuat sebagai bahan masker wajah.

Mengkonsumsi wortel secara rutin, dipercaya akan sangat membantu dalam mencegah serangan berbagai macam penyakit kulit.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Wortel merupakan salah satu sumber antioksidan yang baik, antioksidan akan menangkal radikal bebas yang terkena kulit. Manfaat antioksidan itu sendiri pun juga dipercaya untuk memperlambat efek penuaan dini.

Manfaat Wortel Untuk Ibu Hamil

Terlepas dari manfaat masker wortel untuk wajah di atas, ternyata efek mengonsumsinya juga sangat baik untuk ibu hamil.

  1. Kualitas dan Kuantitas ASI.

Wortel dapat membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI untuk ibu yang sedang menyusui

  1. Menjaga Kesuburan

Kesuburan menjadi salah satu keinginan semua pasangan, konsumsilah jus wortel yang dipercaya dapat meningkatkan kesuburan kandungan.

  1. Baik untuk janin dalam kandungan

Saat ibu mengonsumsi jus wortel yang kaya akan vitamin A, maka asupan nutrisi juga akan masuk ke dalam janin. Oleh karena itu, konsumsi jus wortel penting dalam memberikan efek penunjang pada perkembangan janin. Tentunya dengan kandungan jus wortel yang kaya akan vitamin disertai kebutuhan tubuh yang ada saat ini.

Selain khasiat utama di atas, wortel juga dapat memberikan efek positif bagi kesehatan dan kebutuhan lainnya yang sangat penting dalam menunjang kinerja tubuh manusia. Berikut beberapa di antaranya.

Manfaat Vitamin A Wortel

  1. Merawat mata.
  2. Mencegah kanker.
  3. Antioksidan.
  4. Baik untuk kulit manusia
  5. Baik untuk mencegah penuaan dini

Manfaat Vitamin K Wortel

  1. Membekukan darah.
  2. Mencegah diabetes.
  3. Memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.

Manfaat Vitamin B Wortel

  1. Memelihara sistem pencernaan.
  2. Meningkatkan memori.
  3. Memecah homosistein.

Tips Memilih Wortel Yang Sehat

Jika Anda memilih wortel, tanyakan pada penjual sayur langganan Anda apakah wortel tersebut hasil import atau tidak? Pilihlah wortel lokal. Wortel import tidak menjamin terbebas dari bahan kimia/lilin yang membuatnya awet selama pengiriman selama berminggu minggu. Kandungan zat kimia ini tentu dapat merusak sistem yang ada di tubuh kita.

Penyajian Wortel Yang Enak

  1. Jus Wortel – Jus beberapa wortel, masukkan susu, gula atau madu serta air sesuai selera, rasanya cukup enak.
  2. Dimasak sebagai menu pendamping makanan utama, banyak masakan yang menggunakan wortel seperti cap cai , salad dan sop.
  3. Masker – Haluskan wortel, lalu oleskan pada wajah atau kulit yang ingin di rawat. Anda juga bisa mendapatkan manfaat masker wortel untuk wajah jerawat dengan cara membuat masker wortel dan madu.

Manfaat wortel begitu banyak, tidak ada salahnya untuk menggunakannya sebagai menu sayuran sehat yang harus ada di kulkas anda.

Share
Silvia

Santri Ponpes Hikmatun Najiyah, saat ini kuliah di jurusan Farmasi. Selain rebahan hobi saat ini biasa menulis di Nyaut Portal.

Komentar