Materi Sosiologi: Pengertian Globalisasi

Materi Sosiologi: Pengertian Globalisasi

Artikel Pengertian Globalisasi – Pada 2018 kemarin, pengguna aplikasi smartphone “TikTok” telah mencapai 680 juta user aktif perbulan. Saat ini, Februari 2021 diperkirakan meningkat lagi sebesar 1,1 miliar user. Tiktok menjadi salah satu aplikasi media sosial yang sedang ramai diperbincangkan. Berbagai konten video menarik ada di sana. Mulai dari konten video yang mendidik, kuliner, hiburan, video kreatif, video lucu, hingga berbagai video yang tidak mendidik dan berpotensi merusak moral, semua orang memadati laman TikTok. Dari sekian banyak pengguna mungkin kamu adalah salah satunya.

Apa kamu sadar, dalam era milenial sekarang ini seperti tak ada batasan lagi, hanya dalam satu aplikasi “TikTok” kita bisa merasakan dan mendapatkan informasi dan tips apa saja yang ada di negara-negara lain. Mulai dari aneka ragam resep masakan Asia, Eropa, daerah Timur Tengah, Afrika dan banyak lagi. Selain itu saat ini kamu juga bisa lebih mengetahui tentang berbagai macam karakteristik budaya, dan mengenal banyak sekali macam-macam karakter orang-orang yang berbeda di negara lain, bahkan kamu juga bisa menirukan lagu dan gaya mereka di TikTok kamu. Begitupun sebaliknya, bener kan?

Apa kamu sadar, aplikasi TikTok yang biasa digunakan saat ini adalah dampak dari kemajuan zaman? Benar sekali, Tiktok adalah salah satu contoh dari globalisasi di bidang teknologi. Karenanya, kita jadi bisa mengetahui dan melihat secara langsung kegiatan dan event yang ada di berbagai penjuru di dunia. Tanpa harus berkenalan lebih dulu dan tanpa menghadiri tempat tersebut, kamu bisa melihat dan mengetahui berbagai hal di dunia ini. Canggih bukan? Dengan modal paket data dan tidur-tiduran saja, kita jadi bisa tahu banyak hal.

Nah, fenomena ini, sebenarnya merupakan materi Sosiologi yang kita pelajari, yaitu tentang Globalisasi. Apa sih globalisasi itu?

Biar semakin paham tentang fenomena yang akhir-akhir ini terjadi di kehidupan sehari-hari kita, lewat artikel ini kita akan pelajari pengertian globalisasi dan contohnya.

Pengertian Globalisasi

Pengertian globalisasi secara umum adalah penyebaran pengaruh ilmu pengetahuan dan kebudayaan yang ada di setiap belahan dunia ke berbagai penjuru dunia yang lain secara meluas sehingga tidak ada lagi batas-batas yang jelas dari suatu negara.

Menurut Selo Soemardjan, globalisasi adalah terbentuknya sebuah komunikasi dan organisasi di antara satu kelompok masyarakat dengan yang masyarakat lain yang berbeda di seluruh dunia yang bertujuan untuk mengikuti pedoman-pedoman baru yang sama. Hubungan tersebut terjalin disebabkan oleh penemuan baru seperti telegram, telepon, surat kabar, alat elektronik dan juga internet.

Foto Selo Soemardjan (Sumber: upload.wikimedia.org)
Foto Selo Soemardjan (Sumber: upload.wikimedia.org)

Anthony Giddens juga menjelaskan tentang globalisasi bahwa semua hal yang terjadi yakni hubungan sosial yang semakin intens antar beberapa penduduk di dunia dan menghubungkan satu peristiwa dengan peristiwa lainnya yang berujung menimbulkan dampak timbal balik antara sebuah wilayah dengan wilayah yang lain sehingga semakin berkembang dan menyebar luas sampai ke aspek-aspek kehidupan antara keduanya. Nah makanya sering kita dengar banyak orang yang mengatakan bahwa saat ini kita sudah saling berdekatan satu dengan yang lainnya karena memang batas dan jarak sekarang ini menjadi bias.

Terjadinya globalisasi juga tidak datang secara kebetulan begitu saja, namun terjadi lantaran sebuah proses. Proses terjadinya globalisasi dibagi menjadi empat;

  1. Masa manusia mulai mengenal perdagangan dalam skala lintas negara atau perdagangan internasional.
  2. Proses terjadinya dakwah penyebaran agama, nah penyebaran agama banyak dilakukan berbarengan dengan proses perdagangan, sebagaimana yang ada di Indonesia dulu. Tapi, ada juga yang prosesnya dilakukan secara eksklusif dan khusus untuk menyebarkan agama saja tanpa adanya pencampuran dengan kegiatan lainnya.
  3. Perkembangan industri dan teknologi, seperti yang terjadi saat ini, pembaca dan penulis artikel blog bisa saling terhubung dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Kita akhirnya juga merasakan kemudahan mendapatkan informasi yang ada akibat adanya penemuan-penemuan baru dibidang teknologi.
  4. Berkembangnya pasar bebas.

Karakteristik Globalisasi

Globalisasi juga memiliki gejala-gejala yang bisa kita lihat secara langsung. Kita bisa menengok ke masa-masa lampau dan membandingkan beberapa bidang dalam kehidupan sosial dari waktu ke waktu. Misal, dari bidang teknologi komunikasi kita bisa melihat perkembangan beragam alat komunikasi mulai dari telegraf yang muncul di abad 17, sekitar setengah abad setelahnya Alexander Graham Bell menemukan telepon yang awalnya tanpa dilengkapi nomor telpon dan saat mau melakukan panggilan harus menghubungi operator dulu.

Setelah telepon tanpa nomor, muncul Telepon Bernomor di tahun 1927 yang disusul kemudian dengan kehadiran telepon genggam, pager, ponsel dan SMS (short message service), lalu MMS (multimedia messaging service) hingga akhirnya kita bisa menikmati canggihnya peralatan-peralatan smartphone sekarang ini kan? kita jadi lebih mudah dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Padahal dari teknologi telegraf sampai ponsel dengan teknologi MMS tidak semua orang bisa mendapatkan, tidak seperti sekarang ponsel pintar sudah hampir dimiliki semua orang dari semua lapisan masyarakat.

Bentuk dan Gejala Globalisasi

Bentuk gejala globalisasi selain dari teknologi komunikasi yaitu globalisasi ekonomi, globalisasi ini berkaitan erat dengan perdagangan bebas. Perdagangan bebas adalah sebuah sistem jual beli yang semakin luas dan hampir meniadakan segala hambatan yang ada pada proses perdagangan internasional. Biasanya tanda dari hal ini yaitu adanya organisasi internasional. Sekarang ini kita bisa dengan mudah membeli dan menjual berbagai produk dari dan ke luar negeri, sebut saja Ebay, Amazon, Aliexpress dan Alibaba.

Ada juga, globalisasi budaya. Hal ini bisa kamu lihat dari bahasa. Kamu suka kan berbicara memakai bahasa Inggris? Itu semua merupakan salah satu contoh bahasa dunia saat ini, namun semua orang mempelajarinya karena yang menjadi bahasa internasional adalah bahasa Inggris. tak hanya bahasa Inggris, bahasa Arab, Rusia, Mandarin, Jepang, dan banyak bahasa lainnya yang kita pelajari sekarang ini. Itu semua karena imbas dari sebuah negara yang telah menerima globalisasi, mau tak mau negara harus mengikuti arusnya.

Globalisasi Politik. Kamu bisa melihat dari banyaknya kebijakan-kebijakan sebuah negara yang mempengaruhi keberadaan negara lain. Sebagai contoh adanya kebijakan tentang cukai, ekspor, atau impor. Kebijakan ini pasti mempengaruhi negara-negara lainnya. Sebenarnya ada banyak lagi bentuk dan gejala globalisasi yang bisa diamati karena sejatinya globalisasi merasuk ke dalam setiap hal di kehidupan kita.

Globalisasi pasti kita rasakan pada gaya hidup sehari-hari, dari bangun tidur sampai kita tidur. lagi Globalisasi juga telah merubah banyak sekali aspek kehidupan kita. Hal yang harus dilakukan oleh kita pada saat ini adalah mempersiapkan diri dari perubahan-perubahan yang akan terjadi. Nah jadi kamu sudah mengerti kan apa itu globalisasi dan bagaimana globalisasi bisa terjadi?

Referensi:

TikTok Statistics – Updated February 2021

Giddens, A. (1990). The Consequences of Modernity. Cambridge. Polity Press.

Selo Soemardjan dan Soleman. (1974). Setangkai Bunga Sosiologi, Jakarta: Yayasan Badan Penerbit Fakultas Ekonomi UI.