Mencegah Maag dengan Rempah Tradisional

makanan untuk sakit maag: Pixabay

Mencegah Maag dengan Rempah Tradisional – Maag seringkali uncul di waktu yang tidak tapt. Sensasi rasa panas, sakit, dan perih di lambung membuat aktivitas jadi terganggu. Banyak hal yang bisa memicunya seperti telat makan, terlalu banyak makan makanan pedas atau berlemak, atau stress terus menerus. Ada banyak pencegahan yang bisa dilakukan, salah satunya dengan rutin mengkonsumsi rempah tradisional.

Dokter Helmin Silalahi dari Medical Kalbe Health Consumer mengungkapkan bahwa ada banyak makanan alami yang bisa ditemukan di Indonesia yang punya manfaat tinggi untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah beragam penyakit lambung seperti kunyit, adas, aloe vera, jinten, jahe, peppermint, dan sebagainya.

Baca juga: Maag adalah

Tanaman tersebut telah digunakan sejak dulu kala dan terbukti efektif mencegah serta mengobati Maag. Bisa dikonsumsi dengan cara diuat ramuan seperti minuman wedang jahe, teh dengan daun mint, serbuk kunyit, dsb. Berikut penjelasannya.

1.Jahe

Biasanya dikenal sebagai obat batuk dan sakit tenggorokan. Namun rempah tradisional satu ini juga ampuh untuk menjaga kesehatan pencernaan. Dari beberapa penelitian, mengkonsumsi jahe mampu membantu menurunkan rasa mual, muntah, dan menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan Maag. Anda bisa mengkonsumsinya dengan manambahkan di masakan atau menyeduhnya dengan air hangat.

2.Kunyit

Mengandung kurkuin yang bisa mengurangi peradangan termasuk pada bagian dinding lambung. Kunyit sering dipakai sebagai bahan utama obat herbal seperti jamu dan perawatan kecantikan. Anti radangnya bagus untuk membantu menguatkan ;aisan dinding lambung sehingga tidak mudah iritasi dan mencegah Maag terjadi.

3.Madu

Madu punya kandungan antioksidan tinggi, punya manfaat besar sebagai anti bakteri, termasuk pada lambung. Konsumsi madu secara rutin bisa membuat bakteri melemah dan tidak mampu menyerang tubuh termasuk pada dinding lambung sehingga senantiasa terjaga kesehatannya dan jauh dari penyakit Maag.

4.Royal Jelly

Royal jelly berfungsi hampir seperti madu, namun royal jelly punya fungsi khusus sebagai anti peradangan sehingga bisa mencegah lambung meradang atau luka dan membantu mencegah Maag datang.

5.Daun Mint

Daun mint sering dipakai untuk minuman sebagai penyegar juga sebagai hiasan pada makanan. Daun mint juga empah tradisional yang punya manfaat khusus untuk mencegah Maag. Sifatnya yang memberikan rasa segar dan dingin bisa merilekskan otot-otot pencernaan sehingga kinerja menjadi lebih bagus dan mencegah gangguan Maag.

6.Teh hijau

Teh hijau punya kandungan antioksidan tinggi yang bisa mencegah sakit lambung termasuk penyakit Maag. Rasanya yang menyegarkan bisa mencegah rasa mual datang sehingga bisa menikmati makanan lebih nyaman tanpa khawatir akan terjadi rasa tidak nyaman pada lambung. Anda bisa menambahkan madu untuk memberi rasa lebih nikmat.

7.Mentimun

Mentimun punya kandungan air dalam jumlah banyak, bisa mencegah rasa nyeri dan memberi efek relaks pada tubuh termasuk pada bagian lambung. Mentimun membuat perut terasa lebih tenang karena sensasi dingin yang diberikannya, mentimun juga punya kandungan kalori yang rendah sehingga aman untuk Anda yang sedang berdiet.

8.Kacang hijau

Berfungsi sebagai anti radang yang bisa menebalkan lapisan dinding lampung, membuat sistem pencernaan lancar dan terhindar dari Maag. Anda bisa mengolahnya menjadi makanan lezat seperti bubur. Kacang hijau juga dikenal ampuh untuk mengobati Maag yang telah telanjur kronis.

Itulah beragam jenis cara mencegah Maag dengan rempah tradisional. Dengan rutin mengkonsumsi rempah tersebut bukan berarti Anda sepenuhnya akan terhindar dari sakit Maag, imbangi dengan gaya hidup sehat seperti :

  • Makan tertib atau tepat waktu, tidak makan dalam jumlah berlebihan, serta tidak terburu-buru.
  • Makan makanan berlemak dan pedas dalam porsi sewajarnya.
  • Mengurangi rokok dan alkohol.
  • Membiasakan sarapan.
  • Bahagia dan tidak stress.

Referensi :

Hellosehat.com

Gooddoctor.co.id

0 Komentar

Penulis: Arby

Kategori

Related Articles

Related