Mengapa Wajah Kusam? Padahal Sudah Menggunakan Skincare

Mengapa Wajah Kusam? Padahal Sudah Menggunakan Skincare

Mengapa Wajah Kusam? Padahal Sudah Menggunakan Skincare – Jika kamu sudah rutin menggunakan Skin Care tapi wajah kamu masih saja terlihat kusam penyebabnya mungkin kamu belum menggunakan Ufi atau tabir surya.

Titik sinar ultraviolet dapat menyebabkan kulit kamu tampak kusam. Selain itu, kamu juga harus membersihkan make up kamu sampai bersih setiap hari secara rutin Jika memang kamu menggunakan make up. Karena jika kamu tidak membersihkan wajah dari make up maka hal tersebut berpotensi menyebabkan wajah kamu kusam.

Selain membersihkan make up kamu juga harus rutin lakukan scrubbing 2 kali sepekan atau menggunakan masker kecantikan tiga sampai empat kali dalam satu pekan agar wajah menjadi cerah.

Mengapa wajah masih kusam?

Jadi jika wajah masih kusam padahal rutin memakai skincare dan make up mahal maka beberapa kemungkinan berikut ini adalah penyebabnya:

  1. Gaya hidup tidak sehat.

Yaa.. tidur kamu kurang dari 6–8 jam, kurang minum air putih kurang, minimal perhari adalah minum air putih 8 gelas, terlalu sering konsumsi junkfood ataupun makanan berminyak, kurang makan sayur dan buah-buahan. Semua itu memang terlihat sepele, tapi justru itu semua penyebab kuat wajah kamu kusam walaupun kamu rutin pemakaian skincare yang mahal sekelas SK II.

  1. Terlalu sering eksfoliasi.

Tumpukan sel kulit mati pada wajah membuat kulit jadi bertambah kusam. Tapi terlalu berlebihan melakukan eksfoliasi justru menjadikan lapisan pelindung kulit kamu jadi ikut terangkat. Hal ini mengakibatkan racun, polusi, dan efek negatif sinar matahari lebih mudah masuk ke dalam kulit. Wajah malah tambah kusam.

Waktu yang tepat melakukan eksfoliasi :

  • Kulit kering/sensitif : 1x seminggu
  • Kulit Kombinasi : 2x seminggu
  • Kulit berminyak/berjerawat : 2-3x seminggu
  • Kulit normal : 1–3x seminggu
  • Kulit menua : 1x seminggu
  1. Tidak memakai Sun Protection. 

Ibarat rumah, SPF adalah atapnya. Apa jadinya jika rumah sebagus dan semewah itu tapi dibangun tanpa atap? Pemakaian SPF juga harus yang sesuai anjuran, yaitu sepanjang 2 ruas jari bukan sebiji jagung untuk pemakaian seluruh wajah. Jangan lupa, aplikasikan SPF pada leher juga biar tidak belang kaya zebra.

  1. Tidak melakukan double cleansing.

Di malam hari lakukan juga double cleansing. Akan lebih baik jika kamu menggunakan milk cleanser sebelum mengaplikasikan facial wash.

  1. Malas mencuci muka. 

Cuci muka minimal 2x sehari . Maksimal 3x sehari selama 1 menit.

  1. Tidur dalam keadaan menggunakan make up. 

Make up dapat menyumbat pori-pori wajah sehingga berdampak membuat wajah kamu kusam bahkan menimbulkan jerawat. Jadi pastikan selalu lupa cuci muka sebelum tidur.

  1. Stres.

Stres menjadi pemicu utama wajah kusam bahkan menjadikan wajah tampak lebih tua dari umurnya, karena stress dapat menghambat aliran darah sehingga regenerasi sel kulit juga terhambat.

  1. Rutin jaga kebersihan. 

Cuci rutin sprei maksimal 1x dalam sepekan, selalu bersihkan layar handphone, karena wajah pasti kontak dengan layar handphone dan juga sprei saat tidur. Dan juga jika kamu selalu rutin pemakaian make up usahakan sering-sering mencuci alat makeupnya seperti brush, sponge, dll.

0 Komentar

Penulis: Anjumi Baasyaiban

Kategori

Related Articles

Related