Mengenal Moscrepe Sebagai Bahan Gamis

Gambar kain moscrepe

Moscrepe adalah jenis kain berbahan dasar serat rayon yang ditenun dengan menggunakan mesin tenun dobby sehingga menghasilkan permukaan yang nampak kasar seperti butiran pasir. Motif yang dihasilkan dari mesin dobby dan dengan bantuan dobby card menghasilkan tekstur bintik kecil berbentuk geometris mengikuti struktur kain.

Moscrepe sendiri berasal dari kata “moss” yang berarti lumut dan “crepe” yang merupakan bahasa Perancis dari kerut. Sehingga memiliki arti kain yang berkerut seperti lumut. Bila dilihat secara langsung, memang kain ini tampak kasar. Namun saat dipegang langsung, kain tidak sekasar kelihatannya. Karakteristik seperti inilah yang banyak digunakan sebagai bahan pakaian modern.

Ciri-Ciri Kain Moscrepe

Ciri-ciri kain moscrepe seperti apa? Ada beberapa hal yang membedakan antara kain jenis bahan moscrepe dengan kain lain. Berikut diantaranya:

  • Susunan serat kain lebih rapat dan rapi
  • Memiliki tekstur seperti butiran pasir / kulit jeruk
  • Bobot kain lebih ringan
  • Tidak menyerap keringat dengan baik
  • Struktur kain cukup elastis (baik vertikal maupun horizontal)
  • Terasa agak panas bila digunakan
  • Kain tidak mudah kusut
  • Saat dibuat pakaian, kain tidak melekat pada tubuh
  • Kurang tahan terhadap panas
  • Kadang agak transparan, terutama bila berwarna putih

Dengan karakteristik seperti ini, umumnya kain bahan moscrepe digunakan sebagai bahan kain untuk gamis, pashmina, bahan kain untuk tunik, khimar dan juga celana sirwal. Kain ini bersifat tidak melakat pada kulit, sehingga mampu menutupi lekukan tubuh dengan baik, yang mana ini sangat cocok dipakai sebagai pakaian muslim dan muslimah.

Keunggulan Kain Moscrepe

Kain moscrepe saat ini sangat disukai banyak orang dan termasuk jenis kain berkualitas. Karena itulah banyak produsen dan desainer busana muslim yang lebih memilih jenis kain ini dibandingkan lainnya untuk berbagai pakaian kekinian. Berikut ini beberapa kelebihan kain moscrepe dibandingkan dengan jenis kain lain:

1. Tidak Mudah Kusut

Walaupun kain ini kurang tahan panas, namun struktur materialnya termasuk bahan kain yang tidak mudah kusut karena kerutan akan disamarkan oleh tekstur kain itu sendiri. Sehingga tanpa perlu menyetrikanya, pakaian akan tetap rapi. Karena inilah bahan crepe sering digunakan sebagai bahan gamis yang tidak mudah kusut.

2. Lebih Elastis / Lentur

Dibandingkan dengan jenis kain crepe yang lain seperti bubble crepe dan wollycrepe, kain moscrepe kalau kita rasakan tekstur bahan moscrepe lebih elastis dan ringan. Umumnya kain dengan jenis crepe lentur saat ditarik satu arah saja, namun moscrepe memiliki keunggulan berupa bahan kain elastis secara horizontal maupun vertikal. Karakteristik bahan moscrepe inilah yang menjadi alasan jenis bahan moscrepe cocok untuk busana muslim, terutama gamis syari.

3. Warna Lebih Awet

Jarang sekali ditemui pakaian berbahan moscrepe luntur warnanya. Karena selain berbahan rayon yang terkenal menyerap warna dengan baik, tekstur kain juga membantu mengikat warna lebih kuat. Karena itulah kain berbahan moscrepe tampak lebih hidup.

4. Harga Cukup Murah

Moscrepe termasuk kain dengan kualitas medium hingga tinggi. Harga jual pasaran termasuk murah untuk sejenis kain ini. Walau begitu, banyak pakaian berbahan moscrepe seperti gaun, gamis, ataupun khimar yang dijual mahal dipasar, biasanya yang membuat mahal adalah karena nilai keunikan inovasinya.

Teknik Perawatan Kain Moscrepe

Punya kain berbahan moscrepe namun bingung bagaimana cara merawatnya agar tetap awet? Berikut beberapa tips yang dapat kalian lakukan:

  • Selalu perhatikan label pakaian saat akan mencuci
  • Pisahkan pakaian yang mudah luntur saat mau merendam dengan ditergent
  • Jangan rendam dengan ditergent terlalul lama, karena akan merusak serat kain
  • Lebih baik dicuci secara manual dengan cara dikucek secara lembut, jangan disikat
  • Jangan gunakan pemutih untuk menghilangkan noda membandel
  • Setelah selesai langsung jemur tanpa perlu diperas, cukup dikibaskan saja
  • Jika ingin disetrika, pastikan gunakan suhu paling rendah / suhu khusus untuk bahan rayon

Demikianlah sedikit informasi tentang mengenal moscrepe sebagai bahan gamis. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian.