Pekerjaan Rumah Yang Harus Dilakukan Setiap Hari

Cara menjadi pembantu rumah tangga yang baik

Pekerjaan rumah adalah pekerjaan yang tiada habisnya. Tidak bisa diborong dalam sehari lalu bebas di hari-hari berikutnya. Tidak bisa tidak, kita harus melakukan pekerjaan tertentu secara rutin setiap hari. Demi hidup yang lebih baik nih ya, berikut ini daftar pekerjaan yang “wajib” dilakukan setiap hari. Konsisten pada rutinitas berikut ini akan membuat hidup lebih teratur dan sehat.

Daftar pekerjaan rumah tangga

  • Cuci piring
    Piring kotor yang menumpuk sungguh tak cantik dipandang mata. Belum lagi baunya, sisa makanan yang mengering, dan juga jamur (serta belatung!). Kalau sudah begitu, liat aja jijik apalagi nyucinya…???
    Jika memungkinkan, cucilah piring sambil memasak. Saat menunggu air rebusan mendidih, misalnya. Ini akan mencegah lemak dan kotoran melekat, hemat waktu, serta menjaga dapur kita senantiasa bersih.
  • Cuci pakaian
    Tidak semua keluarga perlu mencuci pakaian setiap hari, terutama keluarga kecil. Akan tetapi begitu si kecil mulai sekolah atau punya adik lagi, maka mencuci setiap hari menjadi wajib hukumnya. Hitung saja: seragam kantor, seragam sekolah, baju sepak bola (atau tenis dan lain-lain), baju tidur, baju main anak, baju rumah, popok bayi (jika tidak menggunakan diapers). Nah, banyak juga kan? Mencuci pakaian setiap hari juga bisa mencegah noda membandel dan jamur.
  • Setrika
    Menyetrika pakaian segera setelah diangkat dari jemuran akan mencegah pakaian kusut, sehingga memudahkan kita dalam menyetrika. Membiasakan hal ini juga akan mencegah setrikaan menumpuk yang tidak cantik dipandang mata. Selain itu, kalau sudah menumpuk, pasti males juga kan ngerjainnya, hehehe…
  • Bersih-bersih dan merapikan rumah
    Rumah yang senantiasa bersih dan rapi akan selalu siap menerima kunjungan. Cukup luangkan 15 menit di pagi hari untuk merapikan tempat tidur, mengelap meja makan, menyapu dan membuang sampah. Rutinitas ringan ini akan mencegah rumah menjadi seperti kapal pecah. Bukankah membereskan rumah yang berantakan akan makan lebih banyak waktu dan tenaga?
    Ruangan yang rapi juga berpengaruh besar pada mood kita sepanjang hari. It boost our energy and motivation. Kita jadi merasa mampu melakukan hal-hal besar, karena kita berhasil menjadikan semua yang ada di rumah kita “under control”.
  • Mengarsipkan surat dan koran
    Surat dan koran yang dibiarkan menginap di meja tamu, meja kopi, meja makan… tanpa disadari akan membuat rumah kita kehilangan permukaan. Padahal permukaan yang bebas dari tumpukan barang merupakan salah satu syarat rumah rapi. Sedapat mungkin, segera arsipkan surat dan koran setiap harinya. Jangan lupakan juga tagihan dan struk belanja. Simpan yang penting-penting dan buang yang tidak diperlukan. Jangan tunggu hingga menumpuk!
  • Menyiapkan seragam dan perlengkapan kantor/sekolah
    Lakukan ini di malam hari, agar keesokan paginya tidak diributkan dengan urusan mencari dan menyiapkan kelengkapan kantor dan sekolah. Rutinitas ringan ini akan mengurangi stres di pagi hari dan membuat hidup kita terasa lebih mudah.

0 Komentar

Penulis: Anjumi Baasyaiban

Kategori

Related Articles

Related