Ini Dia Beberapa Penyebab Dari Timbulnya Mimisan Pada Anak, Beserta Cara Mengobatinya

mimisan pada anak

Penyebab Dari Timbulnya Mimisan Pada Anak – Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan sebuah kondisi yang bernama mimisan, dimana kondisi ini berupa keluarnya darah dari lubang hidung. Darah tersebut bisa keluar dari salah satu maupun dari kedua lubang hidung. Ya, kondisi mimisan ini memang paling banyak di alami oleh anak-anak. Meski demikian, bukan berarti juga bahwa kita sebagai orang dewasa tidak akan mengalami mimisan. Saat si kecil mengalami mimisan, mungkin sebagian besar dari kita akan merasa panik.

Penyebab mimisan pada anak

Memang, tidak seharusnya kita menjadi panik, karena mimisan itu sama sekali tidak membahayakan jiwa. Namun yang kadi pertanyaannya, apa yang menjadi penyebab dari timbulnya mimisan pada anak? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang penyebab mimisan pada anak, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

  1. Adanya Benda Asing Yang Masuk Ke Hidung

Penyebab pertama dari munculnya mimisan pada anak, yakni dikarenakan adanya benda asing yang masuk ke hidungnya. Ya, tentu saja benda asing tersebut, dapat melukai dan merobek bagian selaput pembuluh darah, sehingga akan terjadi mimisan. Maka dari itu, kita sebagai orang tua harus lebih waspada lagi dalam mengawasi sang buah hati.

  1. Udara Kering

Selain dikarenakan adanya benda asing yang masuk ke hidung, udara kering juga merupakan salah satu faktor dari munculnya mimisan pada anak. Mengapa bisa demikian? Pasalnya, udara yang kering ini memiliki kelembapan yang sangat rendah, sehingga hal tersebut dapat mengiritasi mukosa hidung yang memicu pendarahan.

  1. Mengorek Hidung Yang Teralu Dalam

Faktor yang terakhir dikarenakan mengorek hidung yang terlalu dalam. Ya, seperti yang kita ketahui, bahwa anak-anak itu sering melakukan kebiasaan unik yang salah satunya adalah mengorek hidung. Saat mengorek hidungnya, tentu saja kuku-kuku jari mereka dapat melukai dinding hidung yang memicu pendarahan

Cara Simple Untuk Mengobati Mimisan Pada Anak

  1. Menggunakan Es batu

Siapkan beberapa es batu, tumbuk sampai halus, lalu masukan kedalam kantong plastik. Setelah itu kompreskan pada hidungnya.

  1. Menggunakan Air Garam

Siapkan garam sebanyak 1 sendok makan, lalu campurkan kedalam segelas air hangat. Basuhlah hidungnya denga air garam tersebut.

  1. Kapas & Cuka

Celupkan kapas pada cuka, lalu oleskan pada hidungnya secara perlahan. Tunggu beberapa saat, hingga pendarahannya berhenti.

Demikianlah ulasan singkat mengenai beberapa penyebab mimisan pada anak, beserta cara mengobatinya.

Posting Terbaru

Related Articles

Related

Enable Notifications    OK No thanks