Resep Minuman Jus Kurma, Lezat Kaya Manfaat

Gambar jus kurma muda

Kurma biasanya mulai banyak dijumpai saat bulan puasa akan tiba. Buah manis ini memang bukan buah asli Indonesia. Namun sudah menjadi tradisi setiap datang bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri, buah kurma adalah sajian yang tidak boleh ketinggalan. Buah kurma sendiri adalah buah-buah manis yang berasal dari pohon kurma yang hanya tumbuh didaerah panas dan bergurun. Sehingga tidak heran buah kurma banyak didatangkan dari negara – negara timur tengah.

Tapi tahukah bunda bahwa buah kurma yang di Jus banyak sekali manfaatnya?

Kandungan Jus Kurma

Minuman jus dari buah kurma ini mengandung banyak zat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Jus kurma memiliki kandungan vitamin yang cukup tinggi, ada vitamin A, B1, B2, dan vitamin C. Selain itu jus kurma juga mengandung zat besi, karbohidrat, lemak, tanin, protein, magnesium, kalium, kalsium, zat salisilat, dan juga fiber/serat.

Khasiat Jus Kurma

  • Vitamin A yang cukup tinggi pada jus kurma bisa menjaga kesehatan mata dan menurunkan resiko gangguan mata.
  • Mengkonsumsi jus kurma yang memiliki kadar vitamin B tinggi juga sangat bermanfaat, karena vitamin ini berperan penting dalam metabolisme tubuh. Vitamin B yang terkandung dalam jus kurma juga bisa menjaga atau memelihara syaraf tubuh.
  • Khasiat jus kurma yang lain adalah memelihara daya tahan tubuh, ini dikarenakan jus kurma kaya akan vitamin C yang berperan dalam hal kekebalan tubuh. Meningkatnya daya tahan tubuh akan membuat kita tidak mudah terserang penyakit
  • Jus kurma bisa untuk mencegah atau mengobati diare, flu, dan radang tenggorokan. Meminum jus kurma juga dapat meningkatkan kadar trombosit dalam darah, sangat cocok bagi para penderita DBD atau demam berdarah
  • Meminum jus kurma bisa mencegah anemiaKhasiat jus kurma yang satu ini sangat berguna bagi Anda yang sering mengeluh kekurangan darah atau bagi ibu-ibu yang sedang hamil. Zat besi yang cukup tinggi pada jus kurma bisa membantu pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah. Inilah kenapa jus kurma untuk ibu hamil sangat dianjurkan.

Resep dan Bahan-Bahan Jus Kurma

100 g pepaya
100 g apel
100 g nanas
2 sdm jeruk nipis
2 sdm selai kurma
200 g es batu

Cara membuat jus Kurma

Semua bahan dimasukkan kedalam juicer. Minum hingga habis, di minum sebelum sarapan pagi

Khasiat:
Melancarkan pencernaan, sembelit, dan kembung perut.

Sumber Bacaan:
[1] Tabloid Kuliner