Resiko Penyakit Maag

pencegahan penyakit maag: Pixabay

Semua orang mempunyai resiko terkena penyakit maag. Besar kecilnya resiko penyakit maag bergantung pada gaya hidup masing – masing individu. Individu yang mempunyai kebiasaan makan makanan berlemak, pedas dan minum minuman berkafein tentu memiliki perbedaan tingkat resiko dengan orang yang menerapkan pola makan sehat. Dengan kata lain, besarnya resiko bisa ditekan jika kalian juga disiplin dalam menerapkan pola hidup sehat. Mulai dari anak – anak hingga lansia, mempunyai resiko yang sama terserang penyakit maag.

Baca: ciri-ciri penyakit maag yang sudah parah

Peningkatan resiko penyakit maag kronis juga turut dipengaruhi oleh faktor depresi, kecemasan atau pun masalah emosional. Membuat kondisi hati senang dan tenang, bisa dijadikan sebagai alternatef cara yang cukup efektif dalam mengendalikan emosional.

Bagaimana cara tepat menurunkan resiko penyakit maag?

Banyak cara yang bisa kalian lakukan untuk menurunkan dan mengendalikan resiko terjadinya penyakit maag. Antara lain seperti :

1.Memastikan Makan Makanan yang Sehat dan Tinggi Serat

Makanan sehat tak harus mahal. Banyak bahan makanan seperti buah dan sayur yang dijual murah. Pilihlah sayuran dan buah – buahan yang tinggi akan serat sehingga bisa membantu melancarkan pencernaan dan mengeluarkan racun. Untuk buah – buahan bisa pilih papaya, buah naga, mangga, pisang atau buah tinggi serat lainnya. Sedangkan sayurannya bisa bayam, wortel, brokoli dan lain sebagainya.

2.Kurangi Mengkonsumsi Makanan yang Pedas

Makanan pedas identik dengan makanan yang tinggi lemak. Agar resiko sakit maag bisa dihindari, ada baiknya mengurangi atau bahkan menghindari makanan yang pedas. Bagi pecinta makanan pedas, tentu akan terasa sulit, apalagi modern ini berbagai panganan banyak disajikan dengan rasa pedas berlebih. Diperlukan kesungguhan dari kalian semua untuk bisa mengendalikan diri agar tak banyak mengkonsumsi makanan pedas.

3.Banyak Mengkonsumsi Air Putih

Kadar air dalam tubuh yang bisa terpenuhi dengan baik memang mempunyai dampak baik bagi kesehatan tubuh. Tak hanya bisa membantu menurunkan resiko penyakit maag saja, namun juga mampu menjaga kesehatan seluruh bagian tubuh kalian. Kurangi mengkonsumsi minuman berwarna, minuman bersoda hingga minuman yang banyak mengandung kafein di dalamnya. Pastikan kebutuhan air di dalam tubuh kalian bisa terpenuh setiap harinya dengan minimal mengkonsumsi air setidaknya 8 gelas.

Siapa saja yang mempunyai resiko tinggi terserang penyakit maag?

Banyak orang yang mempunyai resiko tinggi terserang penyakit maag, namun tak sepenuhnya menyadari hal tersebut. Beberapa individu yang mempunyai resiko tinggi antara lain :

1.Individu yang Mempunyai Kebiasaan Merokok (Perokok Aktif)

Perokok aktif yang sudah kecanduan rokok, cenderung memiliki resiko tinggi terkena sakit maag dibandingkan mereka yang tidak merokok. Selain tidak baik untuk kesehatan, merokok bisa memicu timbulnya beragam penyakit termasuk maag kronis.

2.Individu yang Tidak Makan Secara Teratur

Kebiasaan makan yang tidak teratur atau bahkan seringkali tidak makan, bisa membuat metabolisme tubuh menjadi terganggu dan tentu saja akan memicu gangguan pada sistem pencernaan. Siklus pencernaan yang harusnya selalu ada makanan untuk dicerna jika dibiarkan kosong sangatlah beresiko meningkatkan kadar asam di dalam lambung. Untuk itu makan tepat waktu sangat penting bagi kesehatan pencernaan, namun tetap memperhatikan porsinya. Makan secara berlebihan dengan porsi besar juga membuat pencernaan bekerja keras, sehingga tak jarang akan timbul rasa sakit.

3.Individu yang Terbiasa Minum Minuman Berkafein

Bagi perokok, minum – minuman berkafein seperti kopi merupakan pendamping paling nikmat. Mereka memilih tidak makan daripada harus berhenti merokok dan minum kopi. Ada baiknya buat kalian yang gemar mengkonsumsi kopi, control asupan kopi harian kalian ya.

Referensi :

Alodokter

0 Komentar

Penulis: Arby

Kategori

Related Articles

Related