Tips Ampuh Mengatasi Anak Susah Makan

Tips Ampuh Mengatasi Anak Susah Makan

Tips Ampuh Mengatasi Anak Susah Makan – Makanan yang bergizi sangat penting untuk menunjang pertumbuhan anak dan menjaga kesehatannya. Tapi ada sering mengalami kebingunngan ketika anak anda susah makan. Mengatasi anak susah makan itu sebenarnya tidak sulit namun kebanyakan anda selalu memaksa anak untuk mengkonsumsi apa yang anda inginkan untuk mereka.

Tips Mengatasi Anak Susah Makan
Anak susah makan

Makanan  yang  anda berikan memang bagus bagi tubuh mereka namun mereka kadang tidak menyukai makanan tersebut. Banyak hal yang bisa menyebabkan anak-anak menjadi susah makan. Jika hal ini dibiarkan maka kesehatan anak menjadi terganggu dan pada akhirnya mereka menjadi kurus. Untuk mengatasi anak susah makan anda tidak harus memaksa mereka dengan berbagai tindakan yang anda anggap tepat.

Anak akan semakin malas makan jika anda selalu memaksanya untuk makan apa yang anda hidangkan. Banyak cara untuk membuat anak berselara makan tanpa harus bermusuhan dengan mereka. Berikut beberapa cara mengatasi anak susah makan:

•    Sajian menarik


Banyak anak yang membenci makanan dari jenis sayuran tertentu, jika anda mau menyiasati hal ini tentu mereka akan mau makan apa yang anda hidangkan sekalipun itu makanan yang mereka benci. Sajikan makanan untuk anak semenarik mungkin, anda bisa membuat menu makanan yang sama namun anda sajikan dengan bentuk yang berbeda agar anak merasa antusias dan tertarik memakannya.

•    Menu yang bervariasi


Anda bisa menyajikan menu makanan yang bervariasi pada anak setiap hari. Pilihlah sayuran dan buah-buahan sebagai bahan utama menu masakan bagi si kecil. Pilihlah sayuran yang mengandung gizi yang tinggi dan juga buah-buahan yang banyak mengandung vitamin dan mineral.  Variasikan setiap menu yang berbeda dari bahan makanan yang berbeda setiap harinya.

•    Rasa masakan


Anak-anak juga peka akan rasa masakan yang anda berikan sehingga anda bisa memberikan masakan dengan rasa yang enak agar anak semakin berselera. Bila rasa masakan tidak enak tentu saja anak malas memakannya.

•    Suasana saat makan


Buatlah suasana saat jam makan anak begitu menyenangkan sehingga anak mau makan apa yang anda hidangkan dan jangan memaksa anak untuk menghabiskan makanan.

0 Komentar

Penulis: Anjumi Baasyaiban

Kategori

Related Articles

Related