Jaga Imunitas Dengan Mengetahui Manfaat Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh

Manfaat Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh

Manfaat Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh – Tubuh mempunyai sebuah sistem alami yang berguna dalam menangkal penyakit baik dari infeksi virus maupun bakteri. Sistem alami ini dikenal dengan sebutan imunitas atau sistem kekebalan tubuh.

Meski sistem ini bekerja secara alami, tapi, kadangkala imunitas tubuh akan menurun. Jika sudah begitu, maka penyakit pun akan semakin mudah menyerang tubuh.

Saat daya tahan tubuh melemah, kita perlu mendorong sistem kekebalan tubuh agar segera kembali optimal.

Ada berbagai cara untuk membuat sistem imun meningkat. Salah satunya yaitu dengan cara memenuhi asupan nutrisi dari makanan yang kita konsumsi. Di antara banyaknya berbagai jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga maupun meningkatkan sistem imun, vitamin esensial merupakan salah satu yang terpenting.

Mengutip dari Business Insider, vitamin esensial dapat membantu dalam menghasilkan sel kekebalan tubuh seperti antibodi dan sel darah putih dalam jumlah yang cukup. Sel-sel tersebut yang nantinya bekerja dalam menjaga atau meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi virus maupun bakteri.

Kebutuhan Vitamin dan Suplemen Harian

Kesehatan tubuh manusia tidak lepas dari pemenuhan nutrisi yang cukup dan pola gaya hidup sehat. Namun sebagai masyarakat modern yang aktif, seringkali nutrisi dari makanan yang dibutuhkan oleh tubuh menjadi sulit terpenuhi. Padahal, kebutuhan nutrisi harian perlu dipenuhi agar tubuh tetap bugar dan prima. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi vitamin dan suplemen tambahan untuk dapat menunjang kebutuhan nutrisi harian.

Variasi Vitamin dan Suplemen Kesehatan

Ada banyak jenis suplemen kesehatan dan vitamin untuk daya tahan tubuh yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Misalnya, asam amino, asam lemak, suplemen vitamin, mineral. Bentuk suplemen juga bermacam-macam, mulai dari yang berupa kaplet, pil, kapsul lunak, bubuk shake, cairan, tablet, hingga masker. Kamu dapat memilih berbagai produk suplemen dan vitamin untuk daya tahan tubuh sesuai kebutuhan dan bentuk yang diinginkan.

Variasi suplemen terbagi menjadi dua

  1. Multivitamin

Kata multivitamin berarti adanya kandungan tiga atau lebih vitamin dan mineral dari suplemen yang dikonsumsi. Beberapa suplemen multivitamin biasanya memiliki kandungan vitamin B kompleks (B1, B2, B3, B5, B6, dan B12), vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin D3, vitamin K1, betakaroten, kalsium, magnesium, kromium, kalium iodida, tembaga, seng, besi, dan mangan. Kebanyakan suplemen multivitamin tidak memiliki kandungan hormon, obat, dan bahan herbal.

  1. Non-multivitamin

Kata non-multivitamin adalah suplemen yang dikonsumsi mengandung suplemen non mineral dan non-vitamin. Contohnya, masker, susu bubuk, bahan herbal, dan kandungan non-vitamin lainnya. Suplemen non-multivitamin kebanyakan dikemas dalam bentuk kapsul lunak, gel, kaplet, pil dan cairan. Contoh suplemen non-multivitamin adalah minyak ikan, ginkgo biloba, pil teh hijau, ginseng, echinacea, suplemen bawang putih, glukosamin, protein shake, probiotik atau prebiotik, dan lainnya.

Referensi:

Recommended daily intake of vitamins and minerals